Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Utama Negara-negara Barat Datang ke Dunia Timur Pada Abad Ke-16 adalah

Alasan utama negara-negara barat datang ke dunia timur pada abad ke-16 adalah

Jawaban

Alasan utama negara-negara barat datang ke dunia timur pada abad ke-16 adalah (1) perkembangan Merkantilisme, Revolusi Industri, dan Kapitalisme. (2) Jatuhnya Konstantinopel oleh Kekaisaran Turki Utsmani. (3) Pencarian rempah-rempah. (4) Semboyan 3G: Gold, Glory, dan Gospel. (5) Tantangan Teori Heliosentris.

Penjelasan

Perkembangan Merkantilisme adalah suatu paham kebijakan politik dan ekonomi suatu negara dengan tujuan untuk memupuk hasil kekayaan (berupa emas) sebanyak-banyaknya sebagai standar kesejahteraan dan kekuasaan negara itu.

Untuk mencapai tujuan itu, muncullah semangat dari beberapa negara Eropa untuk mencari daerah jajahan.

Revolusi Industri merupakan pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang yang dikerjakan oleh tenaga manusia atau hewan menjadi tenaga mesin.

Kapitalisme adalah suatu paham yang beranggapan bahwa dalam perekonomian, untuk mendapatkan keuntungan besar harus mempunyai modal yang besar pula.

Menurut kapitalisme, seseorang atau negara bebas untuk memupuk kekayaannya, termasuk dengan menjajah negara lain.

Jatuhnya Konstantinopel oleh Kekaisaran Turki Utsmani, dengan jatuhnya Konstantinopel, perdagangan di Laut Tengah dikuasai oleh pedagang-pedagang Islam.

Sedangkan pedagang Eropa tidak bisa lagi membeli rempah-rempah dari Asia. Hal inilah yang mendorong para pedagang Eropa mencari jalan lain untuk mencapai penghasil rempah-rempah.

Pencarian rempah-rempah karena rempah-rempah merupakan komoditas perdagangan yang menjadi primadona di Eropa untuk menghangatkan tubuh.

Rempah-rempah juga digunakan sebagai bahan pengawet makanan saat musim dingin dan penyempurna cita rasa masakan.

Oleh karena itu, para pedagang Eropa tetap akan membeli rempah-rempah meskipun harganya sangat mahal.

Semboyan Gold mendorong mereka memburu kekayaan berupa emas, perak, dan bahan tambang lain yang berharga.

Semboyan Glory berarti kejayaan, yang meyakini kejayaan sebuah bangsa dilihat dari banyaknya wilayah koloni yang dimiliki.

Penjelajahan bangsa Eropa ke Timur juga membawa misi suci dari gereja, yaitu menyebarkan ajaran injil (Gospel).

Teori Heliosentris menyatakan bahwa bumi berbentuk bulat dan berputar mengelilingi matahari, begitu pula dengan planet-planet lainnya.

Menurutnya, jika seseorang berjalan dari satu titik ke arah barat, maka akan kembali ke titik semula. Teori ini mendorong orang Eropa yang gemar bertualang untuk membuktikan bahwa bumi bulat.

Kesimpulan

Pertanyaan alasan utama negara-negara barat datang ke dunia timur pada abad ke-16 adalah kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan alasan utama negara-negara barat datang ke dunia timur pada abad ke-16 adalah yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan alasan utama negara-negara barat datang ke dunia timur pada abad ke-16 adalah melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan alasan utama negara-negara barat datang ke dunia timur pada abad ke-16 adalah yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.