Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Produksi Dapat Diklasifikasikan Lebih Lanjut Sebagai Bahan Langsung Tenaga Kerja Langsung dan

Biaya produksi dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai bahan langsung tenaga kerja langsung dan

Jawaban

Biaya produksi dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead, karena dalam pengertiannya biaya produksi adalah biaya yang berkaitan dengan pembuatan barang dan penyediaan jasa.

Penjelasan

Daripada bingung, berikut sedikit penjelasan mengenai ketiga jenis biaya produksi tersebut.

Perlu Anda ketahui bawha, dalam pelaporan keuangan eksternal hanya tiga jenis biaya (bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead) yang dapat dibebankan pada produk.

Kenapa? Apa alasannya? Berikut penjelasannya:

Bahan Langsung

Bahan langsung adalah bahan yang dapat ditelusuri atau terlihat secara langsung pada barang atau jasa yang sedang diproduksi.

Biaya bahan langsung dapat langsung dibebankan pada produk, karena dengan pengamatan secara fisik bisa digunakan sebagai alat mengukur kuantitas yang dikonsumsi dari setiap produk.

Bahan yang menjadi bagian sebuah produk berwujud maupun bahan yang digunakan dalam penyediaan suatu jasa pada umumnya diklasifikasikan sebagai bahan langsung.

Beberapa contohnya yaitu seperti kayu pada perabotan, besi pada rangka kendaraan, kain pada pakaian, dan lainnya.

Tenaga Kerja Langsung

Tenaga kerja langsung adalah tenaga kerja yang dapat ditelusuri atau terlihat secara langsung pada barang atau jasa yang sedang diproduksi.

Seperti pada bahan langsung, pengamatan secara fisik dapat digunakan dalam mengukur kuantitas (jumlah) karyawan yang terlibat dalam memproduksi suatu produk barang dan jasa.

Karyawan yang mengubah atau memproses bahan baku menjadi sebuah produk atau menyediakan jasa kepada pelanggan diklasifikasikan sebagai tenaga kerja langsung.

Overhead

Overhead adalah semua biaya produksi selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung dikelompokkan dalam satu kategori.

Pada perusahaan manufaktur, overhead juga dikenal sebagai beban pabrik yang memuat berbagai hal.

Selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung, banyak masukan diperlukan untuk membuat suatu produk.

Sebagai contohnya, dalam pembuatan rangka sebuah kendaraan, besi harus disatukan dengan cara di las. Proses peng-lasan ini membutuhkan biaya listrik dan pengawasan.

Kesimpulan

Pertanyaan biaya produksi dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai bahan langsung tenaga kerja langsung dan kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan biaya produksi dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai bahan langsung tenaga kerja langsung dan yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan biaya produksi dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai bahan langsung tenaga kerja langsung dan melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan biaya produksi dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai bahan langsung tenaga kerja langsung dan yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.