Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Eksternal yang Melatarbelakangi Terjadinya Pergerakan Nasional di Indonesia adalah?

Faktor eksternal yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional di indonesia adalah

Jawaban

Faktor eksternal yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional di indonesia adalah bangkitnya gerakan nasionalisme Turki dan Mesir, gerakan kebangsaan Filipina, kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905, dan bangkitnya nasionalisme India.

Penjelasan

Pergerakan nasional menjadi wujud protes atas penindasan kaum kolonial kepada rakyat di Indonesia selama bertahun-tahun.

Faktor eksternal yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional Indonesia yaitu Masuknya paham liberalisme dan human rights yang diterapkannya pendidikan sistem barat dalam pelaksanaan Politis Etis pada 1902, sehingga menimbulkan wawasan luas bagi pelajar Indonesia.

Kemudian kemenangan jepang terhadap Rusia tahun 1905, yang membangkitkan rasa percaya diri bagi rakyat Asia-Afrika dan bangkit melawan penjajah.

Gerakan Turki Muda pada 1896-1918 yang bertujuan menanamkan dan mengembangkan nasionalisme Turki, Gerakan Pan-Islamisme yang ditumbuhkan oleh Djamaluddin al-Afgani yang mematahkan dan melenyapkan imperialisme barat.

Pergerakan nasional di Asia, seperti gerakan Nasionalisme di India, Tiongkok, dan Philipina.

Kesimpulan

Pertanyaan faktor eksternal yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional di indonesia adalah kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan faktor eksternal yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional di indonesia adalah yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan faktor eksternal yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional di indonesia adalah melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan faktor eksternal yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional di indonesia adalah yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.