Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Peranan Para Wali dalam Kehidupan Masyarakat Islam di Nusantara

Jelaskan peranan para wali dalam kehidupan masyarakat islam di nusantara

Jawaban

Peranan para wali dalam kehidupan masyarakat islam di nusantara yaitu sangat penting dalam proses penyebaran Islam terutama di lingkungan pedalaman yang masih menganut kepercayaan lama sehingga dapat memeluk agama Islam.

Para wali menggunakan kebudayaan dan kesenian untuk berdakwah, seperti wayang, lagi macapat. Bahkan sampai sekarang masih tetap eksis dipakai masyarakat.

Penjelasan

Peran walisongo sengaja untuk berdakwah, mengajar, dan mendirikan pesantren. Melalui pendidikan proses penyebaran Islam lebih cepat dan berhasil.

Dari berbagai daerah berdatangan utusan untuk belajar di sekolah atau pesantren dan setelah selesai pendidikannya kembali ke daerah asal atau daerah lain untuk menyebarkan agama Islam.

Contoh seperti yang dilakukan oleh pesantren Sunan Giri. Itu mendorong penduduk pribumi ikut berdakwah.

Wali bukanlah nama, melainkan sebutan julukan yang mengadung perlambang suatu dewan para wali.

Walisongo atau sembilan wali merupakan tokoh pembawa Islam di tanah Jawa.

Secara harfiah "wali" diartikan wakil, sedangkan "sanga" dalam bahasa Jawa artinya sembilan.

Mereka menyebarkan Islam diberbagai daerah di Pulau Jawa. Cara atau pendekatan ke masyarakat yang dipakaipun berbeda-beda.

Walisongo ada sembilan, yaitu Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, Sunan Gunung Jati, dan Sunan Kudus.

Kesimpulan

Pertanyaan jelaskan peranan para wali dalam kehidupan masyarakat islam di nusantara kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan jelaskan peranan para wali dalam kehidupan masyarakat islam di nusantara yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan jelaskan peranan para wali dalam kehidupan masyarakat islam di nusantara melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan jelaskan peranan para wali dalam kehidupan masyarakat islam di nusantara yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.