Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemukakan Bahwa Wawasan Nusantara Bersifat Manunggal

Kemukakan bahwa wawasan nusantara bersifat manunggal

Jawaban

Kemukakan bahwa wawasan nusantara bersifat manunggal, karena wawasan nusantara mendorong terciptanya keserasian dan keseimbangan yang dinamis dalam segenap aspek kehidupan, baik aspek alamiah maupun aspek sosial.

Penjelasan

Sedangkan wawasan nusantara utuh menyeluruh yaitu menjadikan wilayah nusantara dan rakyat Indonesia sebagai satu kesatuan yang utuh dan bulat serta tidak dapat dipecah-pecah oleh kekuatan apa pun sesuai dengan asas satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa persatuan Indonesia.

Negara kepulauan Indonesia dipersatukan bukan hanya dari aspek kewilayahannya saja, tetapi meliputi pula aspek ideologi, polittik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan kemanan. Wawasan Nusantara bagi Indonesia merupakan suatu politik kewilayahan bangsa dan negara Indonesia.

Wawasan Nusantara bagi Indonesia merupakan suatu politik kewilayahan bangsa dan negara Indonesia. Sebagai politik kewilayahan, Wawasan Nusantara mempunyai sifat manunggal dan utuh menyeluruh.

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hakikat dari Wawasan Nusantara adalah kesatuan bangsa dan keutuhan wilayah Indonesia.

Kesimpulan

Pertanyaan kemukakan bahwa wawasan nusantara bersifat manunggal kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan kemukakan bahwa wawasan nusantara bersifat manunggal yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan kemukakan bahwa wawasan nusantara bersifat manunggal melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan kemukakan bahwa wawasan nusantara bersifat manunggal yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.