Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahlawan yang Memimpin Perlawanan Rakyat Maluku Melawan Portugis Ialah

Pahlawan yang Memimpin Perlawanan Rakyat Maluku Melawan Portugis Ialah

Jawaban

Pahlawan yang memimpin perlawanan rakyat maluku melawan portugis ialah Sultan Hairun, yang kemudian dilanjutkan oleh Putra Sultan Hairun (Sultan Baabullah) Pada 1571 pasukannya berhasil mengusir Portugis.

Penjelasan

Perlawanan rakyat Maluku yang pertama adalah melawan Portugis. Bangsa ini tiba di Kerajaan Ternate sekitar 1513 untuk menjalin kerjasama dagang. Sayangnya, bangsa Portugis mulai memperlihatkan kelicikan dan pengkhianatan untuk memonopoli perdagangan.

Hal ini kemudian membuat para pemimpin Maluku marah dan mengajak seluruh rakyatnya berperang melawan Portugis.

Perlawanan rakyat Maluku terhadap portugis dipimpin oleh Sultan Baabullah.

Pada 1571, pasukannya berhasil mengusir Portugis dari Ambon dan empat tahun kemudian, Portugis menghilang selamanya dari Maluku.

Sayangnya, rakyat Maluku belum bisa bernapa lega. Setelah Portugis, mereka kembali dihadapkan dengan penjajah.

Maluku harus melawan penindasan dari VOC, perusahaan dagang milik Belanda.

Rakyat Maluku ingin mengusir Belanda karena praktik monopoli dan sistem pelayaran Hongi yang membuat rakyat sengsara.

Kesimpulan

Pertanyaan pahlawan yang memimpin perlawanan rakyat maluku melawan portugis ialah kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan pahlawan yang memimpin perlawanan rakyat maluku melawan portugis ialah yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan pahlawan yang memimpin perlawanan rakyat maluku melawan portugis ialah melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan pahlawan yang memimpin perlawanan rakyat maluku melawan portugis ialah yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.