Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemimpin Perlawanan Rakyat Batak Terhadap Belanda Dipimpin Oleh

Pemimpin perlawanan rakyat batak terhadap belanda dipimpin oleh

Jawaban

Pemimpin perlawanan rakyat batak terhadap belanda dipimpin oleh Raja Batak Sisingamangaraja XII, dengan latar belakang perang batak khawatir kepercayaan dan tradisi animisme rakyat Batak akan terkikis oleh perkembangan agama Kristen.

Penjelasan

Perang batak adalah perang upaya penolakan Kristenisasi di Batak dilakukan Sisimangaraja dengan cara mengusir zending (organisasi penyebar agama Kristen) yang memaksakan agama Kristen kepada rakyat Batak pada 1877.

Pada 6 Februari 1878 pasukan Belanda tiba di Pearaja (pedalaman Sumatra Utara) dan bergabung dengan kaum misionaris Belanda.

Kedatangan tentara Belanda di wilayah Batak telah memprovokasi Sisingamangara sehingga ia mengumumkan perang pada 16 Februari 1878 dengan melakukan penyerangan ke pos-pos Belanda di Bahal Batu.

Perang Batak antara pasukan Sisingamangaraja dan Belanda berjalan seimbang selama tahun-tahun 1880-an. Serangan Sisingamaraja pada Agustus 1889 mampu meduduki daerah Lobu Talu dan membunuh beberapa tentara Belanda.

Perlawanan Sisingamagaraja dalam Perang Batak mulai meredup semenjak wilayah Huta Paong diduduki oleh Belanda pada September 1889.

Belanda terus melacak arah pelarian Sisingamangaraja dan pasukannya. Bahkan, pihak Belanda menggunakan orang-orang dari Senegal, Afrika untuk membantu pelacakan.

Tahun 1907, Belanda mampu mengepung Sisingamangaraja XII di daerah Dairi, namun ia tak mau menyerahkan diri. Sisingamangaraja beserta pasukannya bertarung hingga titik darah penghabisan dan meninggal pada pengepungan tersebut.

Kesimpulan

Pertanyaan pemimpin perlawanan rakyat batak terhadap belanda dipimpin oleh kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan pemimpin perlawanan rakyat batak terhadap belanda dipimpin oleh yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan pemimpin perlawanan rakyat batak terhadap belanda dipimpin oleh melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan pemimpin perlawanan rakyat batak terhadap belanda dipimpin oleh yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.