Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlawanan Kerajaan Aceh Terhadap Kongsi Dagang Portugis Dipicu Oleh?

Perlawanan kerajaan aceh terhadap kongsi dagang portugis dipicu oleh

Jawaban

Perlawanan kerajaan aceh terhadap kongsi dagang portugis dipicu oleh perebutan jalur perdagangan di Selat Malaka, perang antara kerajaan Aceh melawan Portugis disebabkan oleh persaingan dalam memperebutkan jalur perdagangan di Selat Malaka.

Penjelasan

Kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia mula-mula disambut baik oleh bangsa Indonesia, tetapi lama-kelamaan rakyat Indonesia mengadakan perlawanan karena sifat-sifat dan niat-niat jahat bangsa Eropa mulai terkuak dan diketahui oleh bangsa Indonesia.

Perlawanan-perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia disebabkan orang-orang Barat ingin memaksakan monopoli perdagangan dan berusaha mencampuri urusan kerajaan-kerajaan di Indonesia.

Setelah Malaka dapat dikuasai oleh Portugis 1511, maka terjadilah persaingan dagang antara pedagang-pedagang Portugis dengan pedagang di Nusantara. Portugis ingin selalu menguasai perdagangan, maka terjadilah perlawanan-perlawanan terhadap Portugis.

Pada Tahun 1523 portugis melancarkan serangan dibawah pimpinan Henrigues dan diteruskan oleh de Sauza pada tahun berikutnya.

Namun perlawanan yang dilakukan selalu menemui kegagalan. Maka, untuk melemahkan Aceh, Portugis melancarkan serangan dengan mengganggu kapal-kapal dagang Aceh.

Selain mengganggu pedagangan rakyat Aceh, Portugis juga ingin merampas kedaulatan Aceh. Hal itu membuat rakyat Aceh marah dan akhirnya melakukan perlawanan.

Kesimpulan

Pertanyaan perlawanan kerajaan aceh terhadap kongsi dagang portugis dipicu oleh kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan perlawanan kerajaan aceh terhadap kongsi dagang portugis dipicu oleh yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan perlawanan kerajaan aceh terhadap kongsi dagang portugis dipicu oleh melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan perlawanan kerajaan aceh terhadap kongsi dagang portugis dipicu oleh yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.