Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Latar Belakang Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan

Sebutkan Latar Belakang Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan

Jawaban

Latar belakang tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan dari dalam negeri yaitu karena perluasan pendidikan, kegagalan perjuangan di berbagai daerah, rasa senasib sepenanggungan, dan perkembangan berbagai organisasi etnik kedaerahan.

Penjelasan

Kemudian latar belakang tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan dari luar negeri yaitu karena kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905, berkembangnya nasionalisme di berbagai Negara.

Perluasan Pendidikan, Politik kolonial liberal yang memeras rakyat Indonesia menimbulkan keprihatinan sebagian masyarakat Belanda.

C. Theodore van Deventer menuangkan kritiknya mengenai perlakuan Belanda selama itu dalam sebuah majalah de Gids berjudul Een Eereschuld yang berarti “Hutang Budi/Hutang Kehormatan”.

Van Deventer mengusulkan agar Belanda melakukan balas budi untuk bangsa Indonesia. Balas budi yang diusulkan adalah dengan melakukan educatie, emigratie, dan irrigatie (pendidikan, emigrasi/perpindahan penduduk, dan irigasi/pengairan).

Kegagalan Perjuangan di Berbagai Daerah, Bangsa Indonesia menyadari salah satu penyebab utama kegagalan perjuangan kemerdekaan pada masa lalu, yakni perlawanan yang bersifat kedaerahan.

Memasuki abad 20, corak perjuangan bangsa Indonesia berubah dari bersifat kedaerahan, menuju perjuangan yang bersifat nasional.

Rasa Senasib Sepenanggungan, Tekanan pemerintah Hindia Belanda pada bangsa Indonesia telah memunculkan perasaan kebersamaan rakyat nusantara sebagai bangsa terjajah.

Rasa senasib sepenanggungan tumbuh di nusantara dan menjadi tonggak utama untuk bersatu dan berjuang bersama agar dapat keluar dari keterpurukan penjajahan.

Perkembangan Organisasi Etnis, Kedaerahan, dan Keagamaan, Organisasi etnis banyak didirikan para pelajar daerah yang merantau di kota-kota besar. Mereka membentuk perkumpulan berdasarkan latar belakang etnis.

Berbagai organisasi keagamaan yang muncul pada awal abad 20 juga sangat memengaruhi perkembangan rasa kebangsaan Indonesia.

Kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905, Pada tahun 1904-1905 terjadi peperangan Jepang melawan Rusia.

Rusia adalah bangsa Eropa, sedangkan Jepang adalah bangsa Asia. Tentara Jepang berhasil mengalahkan Rusia, dan menjadi inspirasi negara-negara lain bahwa orang Asia bisa mengalahkan bangsa Barat.

Berkembangnya nasionalisme di berbagai Negara, Pada abad 20, negara-negara terjajah di Asia dan Afrika menunjukkan perjuangan pergerakan kebangsaan.

Di India, wilayah jajahan Inggris, muncul pergerakan dengan tokoh-tokohnya Mahatma Gandhi dan Muhammad Ali Jinnah.

Sementara itu di Filipina, Jose Rizal memimpin perlawanan terhadap penjajah Spanyol. Di Tiongkok, muncul dr. Sun Yat Sen, yang terkenal dengan gerakan pembaharuannya.

Kesimpulan

Pertanyaan sebutkan latar belakang tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan sebutkan latar belakang tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan sebutkan latar belakang tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan sebutkan latar belakang tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.