Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Tiga Tokoh Cendekiawan Muslim dibidang Ilmu Kedokteran

Sebutkan Tiga Tokoh Cendekiawan Muslim dibidang Ilmu Kedokteran

Jawaban

Tiga tokoh cendekiawan muslim dibidang ilmu kedokteran yaitu Ibnu Sina (Avicenna), Al – Zahrawi, dan Ahmad ibn Tulun, mereka bertiga merupakan tokoh cendekiawan muslim dibidang ilmu kedokteran atau medis.

Penjelasan

Ibnu Sina (Avicenna), adalah seorang filsuf yang terkenal di dunia medis. Dia bahkan dijuluki sebagai bapak Kedokteran Modern. Dua karyanya yang paling berpengaruh adalah ensiklopedia filsafat Kitab al-Shifa (The Book of Healing) dan The Canon of Medicine. keduanya kini dipakai sebagai rujukan standar ilmu medis di seluruh dunia.

Al – Zahrawi/, adalah Bapak ilmu bedah modern. Dia berhasil mengenalkan catgut (benang) sebagai alat untuk menutup luka. Selain itu, dia juga menysusun buku At-Tasrif liman Ajiza an at-Ta’lif yang menjadi rujukan para dokter hingga sekarang. Di dalamnya, Al – Zahrawi menuliskan hal-hal yang terkait tentang bedah, penyakit, dan temuan-temuannya berupa alat kedokteran.

Ahmad ibn Tulun, adalah orang pertama yang mencetuskan perawatan medis modern berupa rumah sakit Al-Fustat di Kairo, Mesir. Tulun yang saat itu menjabat sebagai gubernur menyediakan layanan kesehatan yang gratis untuk semua orang membutuhkannya.

Rumah sakit yang dibangun pada abad ke-9 tersebut sudah memiliki manajemen perawatan yang modern, rinci, dan maju. Al-Fustat juga menyediakan perawatan untuk pasien gangguan jiwa.

Kesimpulan

Pertanyaan sebutkan tiga tokoh cendekiawan muslim dibidang ilmu kedokteran kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan sebutkan tiga tokoh cendekiawan muslim dibidang ilmu kedokteran yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan sebutkan tiga tokoh cendekiawan muslim dibidang ilmu kedokteran melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan sebutkan tiga tokoh cendekiawan muslim dibidang ilmu kedokteran yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.