Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spionase Merupakan Kegiatan dari Intelijen yang Dilakukan untuk?

Spionase merupakan kegiatan dari intelijen yang dilakukan untuk

Jawaban

Spionase merupakan kegiatan dari intelijen yang dilakukan untuk mendapat informasi atau rahasia militer atau negara, yang berdampak pada kedaulatan negara terancam, intervensi asing di dalam negeri, perekonomian melemah, ancaman terhadap keamanan negara, dan putusnya hubungan internasional..

Penjelasan

Menurut Kamus Hukum Black (Black Law), arti spionase adalah suatu aktivitas mengumpulkan, mengirimkan, atau menghilangkan suatu informasi penting atau rahasia yang berhubungan dengan pertahanan nasional suatu negara.

Tujuan dari aktivitas spionase adalah untuk mendapatkan rahasia politik negara, menetralisir keunggulan militer, mengganggu perekonomian negara, dan mengganggu stabilitas negara.

Karakteristik bentuk ancaman spionase adalah bertujuan mengambil informasi rahasia, dilakukan secara tersembunyi, dilakukan oleh ahli, memiliki banyak wajah.

Dampak dari aktivitas spionase adalah kedaulatan negara terancam, intervensi asing di dalam negeri, perekonomian melemah, ancaman terhadap keamanan negara, putusnya hubungan internasional.

Sebagai contoh aksi spionase yang pernah terjadi di Negara Indonesia adalah Spionase CIA di Indonesia dalam Pemberontakan PRRI/ Permesta pada tahun 1957.

Pemberontakan PRRI/ Permesta pada tahun 1957 silan ternyata mendapat bantuan dari CIA. Hal ini terungkap setelah seorang tentara Amerika bernama Allen Lawrence Pope tertangkap oleh TNI.

Dari sejumlah dokumen yang disita dari Pope, diketahui bahwa ia menyusup dalam gerakan pemberontakan di Indonesia untuk menggulingkan presiden Soekarno.

Kesimpulan

Pertanyaan spionase merupakan kegiatan dari intelijen yang dilakukan untuk kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan spionase merupakan kegiatan dari intelijen yang dilakukan untuk yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan spionase merupakan kegiatan dari intelijen yang dilakukan untuk melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan spionase merupakan kegiatan dari intelijen yang dilakukan untuk yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.