Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Pertama dan Terpenting dari Kegiatan Pemasaran adalah

Tugas Pertama dan Terpenting dari Kegiatan Pemasaran adalah

Tugas pertama dan terpenting dari kegiatan pemasaran adalah untuk memperkenalkan produk yang diciptakan oleh sebuah perusahaan kepada masyarakat.

Tugas pemasaran secara umum adalah memperkenalkan produk, mencapai target penjualan, memastikan kepuasan konsumen, membuat startegi lanjutan, bekerja dengan mitra, dan membuat laporan penjualan.

Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian program yang dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang diinginkan dengan pasar sasaran untuk tujuan mencapai tujuan organisasi.

Tugas-tugas apa yang diperlukan untuk menajemen pemasaran? Yaitu antara lain untuk menciptakan permintaan (demand), kepuasan pelanggan, pangsa pasar (market share), peningkatan keuntungan, pencitraan produk ke publik, dan menciptakan pelanggan baru.

Tugas seorang manajemen pemasaran harus memiliki karakteristik seperti berorientasi pada pelanggan, melakukan riset pasar, membuat rencana pemasaran, membuat pemasaran yang sistematis, dan fokus pada kepuasan pelanggan.

Tugas pemasaran usaha adalah merencanakan strategi promosi, merencanakan produk baru, menetapkan harga, melayani konsumen, mencapai tujuan target penjualan, bekerjasama dengan mitra, dan membuat rekaputilasi penjualan.

Tujuan akhir dari kegiatan pemasaran adalah membantu organisasi mencapai tujuannya, yaitu mencari laba, sedangkan tujuan lainnya adalah mendapatkan dana yang memadai untuk melakukan aktivitas-aktivitas sosial dan pelayanan publik.

Proses memasarkan produk secara langsung bertatap muka dengan calon pembeli dinamakan personal selling. Personal selling adalah contoh pemasaran langsung dimana proses dalam memasarkan produk dilakukan secara langsung dengan cara bertatap muka dengan calon pembeli.

Pada umumnya dalam pengaplikasian personal selling, perusahaan akan mensurvey terlebih dahulu tempat yang dijadikan lokasi dalam melakukan personal selling.

Karena lokasi merupakan hal yang sangat penting karena merupakan bagian dari penerapan strategi pemasaran tersebut bisa berhasil.

Strategi perusahaan untuk bisa masuk pada segmen pasar tertentu dinamakan market entry strategy, yaitu strategi perusahaan untuk memasuki segmen pasar untuk sasaran penjualan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan market entry strategy, salah satunya adalah dengan mengakusisi perusahaan lain.