Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Jepang Menguasai Sumber Daya Alam Indonesia adalah

Tujuan Jepang Menguasai Sumber Daya Alam Indonesia adalah

Jawaban

Tujuan jepang menguasai sumber daya alam indonesia adalah untuk memperoleh bahan mentah untuk industri perang, yaitu menguasai sumber daya alam, terutama minyak bumi, guna mendukung potensi perang Jepang serta mendukung industrinya.

Penjelasan

Pada masa Perang Dunia II (1939-1945), Hindia Belanda atau Indonesia menjadi salah satu wilayah yang berhasil dikuasai oleh Jepang.

Adanya Perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942 merupakan secara resmi wilayah Indonesia menjadi daerah yang dijajah oleh Jepang.

Tujuan utama Jepang adalah menguasai sumber daya alam yang ada di Indonesia dalam hal ini adalah minyak bumi yang digunakan untuk mendukung perang.

Kota yang pertama kali dikuasai oleh Jepang adalah kota Tarakan pada tanggal 11 Januari 1942 yang merupakan daerah penghasil minyak bumi.

Alasan Jepang datang ke Indonesia bertujuan untuk mendapatkan cadangan logistik dan bahan industri perang seperti minyak bumi, timah dan alumunium.

Diperkirakan, persediaan minyak Indonesia dapat mencukupi kebutuhan Jepang selama Perang Pasifik.

Saat masuk Indonesia, Jepang sudah menjadi negara fasis dengan ideologi fasisme.

Fasisme adalah sistem pemerintahan di mana kekuasaan berada pada seorang diktator dan otoriter. Negara fasis menjadi sangat nasionalis (chauvinistik), elitis dan rasialis.

Kesimpulan

Pertanyaan tujuan jepang menguasai sumber daya alam indonesia adalah kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan tujuan jepang menguasai sumber daya alam indonesia adalah yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan tujuan jepang menguasai sumber daya alam indonesia adalah melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan tujuan jepang menguasai sumber daya alam indonesia adalah yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.