Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Isi Teks Proklamasi

Kapandroid.com - Postingan pertanyaan "Apa yang kamu ketahui tentang isi teks proklamasi" beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Isi Teks Proklamasi

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Isi Teks Proklamasi

Yang kamu ketahui tentang isi teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah teks yang berisi pengumuman atau pemberitahuan mengenai lahirnya Bangsa Indonesia yang menjadi negara merdeka, berdaulat, dan bermartabat. Kami Bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesi

Proklamasi Kemerdekaan diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta. Proklamasi Indonesia ditandai oleh pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno

Berikut ini teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan Soekarno pada 17 Agustus 1945:

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia, dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen '05

Atas nama bangsa Indonesia.

Perumusan teks proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Tadashi Maeda, yang sekarang menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Pembahasan naskah dilakukan pada 17 Agustus 1945 dini hari.

Naskah proklamasi ditulis dalam selembar kertas blocknote berwarna putih berukuran panjang 25,8 sentimeter dan lebar 21,3 sentimeter dan tebal 0,5 milimeter.

Tampak dua coretan di sebelah kanan naskah proklamasi tulisan tangan. Coretan pertama adalah perubahan kata pengambilan menjadi pemindahan dan kata diusahakan menjadi diselenggarakan.

Naskah tersebut kemudian dibahas bersama beberapa tokoh nasional lain yang ada di rumah Laksamana Maeda. Setelah disetujui, naskah teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.

Pertanyaan apa yang kamu ketahui tentang isi teks proklamasi kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan apa yang kamu ketahui tentang isi teks proklamasi yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan apa yang kamu ketahui tentang isi teks proklamasi melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan apa yang kamu ketahui tentang isi teks proklamasi yang kami berikan.

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.