Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum yang Terdapat dalam Sistem Hukum adalah

Kapandroid.com - Postingan pertanyaan "Faktor yang mempengaruhi penegakan hukum yang terdapat dalam sistem hukum adalah" beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum yang Terdapat dalam Sistem Hukum adalah

Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum yang Terdapat dalam Sistem Hukum adalah

Faktor yang mempengaruhi penegakan hukum yang terdapat dalam sistem hukum adalah Undang-undang. Yaitu berupa faktor hukumnya sendiri, faktor penegak hukum, faktor sarana atau fasilitas, faktor masyarakat, dan faktor kebudayaan.

Hukum yang dimaksudkan adalah Undang-Undang atau peraturan tertulis yang berlaku umum dan dibuat oleh Pemerintah. Faktor hukum yang dimaksud adalah bermula dari undang-undangnya itu sendiri yang bermasalah.

Yang dimaksudkan dengan penegak hukum itu adalah pihak-pihak yang langsung maupun tidak langsung terlibat dalam penegakan hukum mulai dari Polisi, Jaksa, Hakim, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Penasehat Hukum (Advokat) dan hingga petugas-petugas sipir pemasyarakatan.

Tanpa adanya atau dukungan sarana atau fasilitas yang memadai, maka tidaklah mudah penegakan hukum berlangsung dengan baik, yang antara lain mencakup tenaga manusia yang berpendidikan tinggi dan terampil, organisasi yang baik, peralatan yang cukup memadai, keuangan yang cukup, dan seterusnya.

Dari sudut sosial dan budaya, Indonesia merupakan suatu masyarakat yang majemuk dengan sekian banyaknya golongan etnik dengan ragam kebudayaan-kebudayaan yang berbeda.

Kebudayaan menurut Soerjono Soekanto, mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat, yaitu untuk mengatur agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak, berbuat, dan menentukan sikapnya ketika berhubungan dengan orang lain.

Pertanyaan faktor yang mempengaruhi penegakan hukum yang terdapat dalam sistem hukum adalah kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan faktor yang mempengaruhi penegakan hukum yang terdapat dalam sistem hukum adalah yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan faktor yang mempengaruhi penegakan hukum yang terdapat dalam sistem hukum adalah melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan faktor yang mempengaruhi penegakan hukum yang terdapat dalam sistem hukum adalah yang kami berikan.

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.