Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Memiliki Dampak Positif Kecuali

Kapandroid.com - Postingan pertanyaan "Keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia memiliki dampak positif kecuali" beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Memiliki Dampak Positif Kecuali

Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Memiliki Dampak Positif Kecuali

Keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia memiliki dampak positif kecuali Kegagalan komunikasi bahasa.

Karena pada dasarnya keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia memberikan dampak positif yaitu potensi dalam bidang pariwisata, sebagai objek kajian budaya internasional, dan bangsa menjadi lebih luwes.

Indonesia merupaka negara kepulauan yang penuh dengan keragaman budaya, suku bangsa, ras, etnis, agama, maupun bahasa daerah.

Meski kaya akan keragaman, namun mereka tetap satu Indonesia. Ini sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang artinya meskipun berbeda-beda tetap satu jua.

Dilansir situs www.indonesia.go.id, bangsa Indonesia merupakan bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, dan bahasa.

Kemajukan itu terjalin dalam satu ikatan bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan bangsa yang utuh dan berdaulat.

Kemajemukan bangsa Indonesia tidak hanya terlihat dari beragamnya jenis suku bangsa. Tapi terlihat juga dari beragamnya agama yang dianut penduduk.

Keragaman Indonesia adalah kekayaan sekaligus berkah bagi bangsa Indonesia.

Merujuk pada sensus penduduk oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2010, Indonesia memiliki sekitar 1.340 suku bangsa.

Suku Jawa yang berasal dari Pulau Jawa bagian tengah hingga timur sebagai kelompok suku terbesar dengan populasi sebanyak 85,2 juta jiwa atau sekitar 40,2 persen dari populasi penduduk Indonesia.

Suku bangsa terbesar kedua adalah Suku Sunda yang berasal dari Pulau Jawa bagian barat dengan jumlah mencapai 36,7 juta juwa atau 15,5 persen.

Suku Batak menyusul sebagai terbesar ketiga dengan jumlah mencapai 8,5 juta jiwa atau 3,6 persen yang berasal dari Pulau Sumatra bagian tengah utara.

Terbesar ke empat adalah Suku asal Sulawesi selain Suku Makassar, Bugis, Minahasa dan Gorontalo. Jumlah terbesar keempat ini sendiri merupakan gabungan dari 208 jenis suku bangsa Sulawesi, Untuk terbesar kelima adalah Suku Madura.

Kemajemukan bangsa Indonesia tidak hanya terlihat dari beragamnya jenis suku bangsa, namun terlihat juga dari beragamnya agama yang dianut penduduk.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, dari jumlah suku yang terdata itu, Suku Jawa merupakan kelompok yang terbesar di Indonesia, kemudian ada Kalimantan dan Papua memiliki.

Pembagian kelompok suku di Indonesia tidak mutlak dan tidak jelas. Hal ini akibat dari perpindahan penduduk, pencampuran budaya, dan saling memengaruhi.

Pertanyaan keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia memiliki dampak positif kecuali kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia memiliki dampak positif kecuali yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia memiliki dampak positif kecuali melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia memiliki dampak positif kecuali yang kami berikan.

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, dari situs https://www.google.com/search?q=keberagaman+suku+bangsa+dan+budaya+di+indonesia+memiliki+dampak+positif+kecuali