Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kronologi Diperlukan dalam Sejarah Untuk Menghindarkan Anakronisme Yaitu

Kapandroid.com - Postingan pertanyaan "Kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan anakronisme yaitu" beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Kronologi Diperlukan dalam Sejarah Untuk Menghindarkan Anakronisme Yaitu

Kronologi Diperlukan dalam Sejarah Untuk Menghindarkan Anakronisme Yaitu

Kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan anakronisme yaitu kerancuan waktu dalam sejarah. Anakronisme dalam sejarah adalah pengabaian atau pemalsuan yang disengaja ataupun tida dari suatu hubungan kronologis.

Anakronisme berasal dari bahasa Yunani “ana” yang berarti melawan atau kembali dan kata “chronos” yang berarti waktu. Sehingga anakronisme dalam bahasa Yunani dapat diartikan sebagai melawan waktu.

Dilansir Encyclopedia Britannica (2015), anakronisme merupakan kesalahan waktu atau ketidaksesuaian suatu peristiwa. Misalnya keberadaan suatu benda, peritiwa, tempat, nama, dialog, dan karya yang tidak sesuai dengan periode waktu sejarah.

Misalnya “manusia purba menggunakan microwave untuk memasak makanan”. Sudah jelas sekali manusia purba hidup pada masa sebelum masehi (periode pra-aksara), sedangkan microwave baru ditemukan pada tahun 1940-an masehi.

Sehingga kalimat tersebut adalah anakronisme karena ada ketidaksesuaian benda dengan periode sejarahnya.

Anakronisme dalam ilmu sejarah dapat berbahaya karena dapat mengubah kebenaran suatu peristiwa sejarah dan memunculkan kesalahpahaman. Anakronisme bisa menyebabkan pergeseran sebab akibat dari suatu peritiwa sejarah.

Anakronisme sering terjadi dalam suatu karya sastra maupun prosa. Anakronisme bisa saja disengaja maupun tidak disengaja.

Anakronisme disengaja biasanya dibuat untuk memasukkan unsur komedi atau humor dalam suatu hal, sedangkan anakronisme tidak disengaja biasanya merupakan ketidakakuratan akibat kurangnya riset dalam membuat suatu karya.

Pertanyaan kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan anakronisme yaitu kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan anakronisme yaitu yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan anakronisme yaitu melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan anakronisme yaitu yang kami berikan.

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, dari situs https://www.google.com/search?q=kronologi+diperlukan+dalam+sejarah+untuk+menghindarkan+anakronisme+yaitu