Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikap Lilin adalah Sikap Meluruskan Badan Dengan Sikap

Sikap Lilin adalah Sikap Meluruskan Badan Dengan Sikap

Sikap Lilin adalah Sikap Meluruskan Badan Dengan Sikap

Sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kedua kaki rapat keatas. Tumpuan sikap lilin terletak pada tubuh bagian atas yang ditopang oleh kedua tangan.

Kapandroid.com sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih kelincahan tubuh, memperkuat otot lengan dan kaki, serta meningkatkan kekuatan jantung dan melancarkan sirkulasi aliran darah.

Senam lantai pun menjadi materi pembelajaran pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan (PJOK) bagi anak sekolah, baik di sekolah dasar, menengah maupun atas.

Ragam gerakan senam lantai meliputi sikap lilin, handstand dan headstand, guling ke depan (forward roll), guling ke belakang (back roll), guling lenting (neck spring), kayang, dan juga loncat harimau.

Teknik dasar senam lantai termasuk gerakan yang sulit dilakukan. Oleh karenanya, dibutuhkan keterampilan dan kekuatan tubuh dalam melakukannya.

Selain itu, latihan secara rutin dan tepat juga diperlukan agar bisa melakukan gerakan senam lantai.

Kali ini, kita akan membahas rangkaian gerak sikap lilin dalam senam lantai.

Bagaimana cara melakukan sikap lilin yang benar? Berikut penjelasannya.

Dikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kedua kaki rapat ke atas. Sikap lilin sering disebut dengan istilah armstand.

Adapun, tumpuan sikap lilin terletak pada tubuh bagian atas yang ditopang oleh kedua tangan.

Pada gerakan senam lantai, bagian tubuh bagian atas yakni pinggang ditopang oleh kedua tangan, lalu posisi pundak tetap menempel di lantai.

Sementara itu, ketika melakukan sikap lilin, kekuatan otot perut fungsinya sebagai pengangkat kaki. Kemudian kelenturan otot pinggang, punggung dan leher berfungsi memudahkan kedua tangan menopang pinggang.

Sesuai pengertiannya, jenis senam lantai ini dilakukan untuk melatih keseimbangan dan ketenangan.

Langkah-langkah melakukan sikap lilin yaitu (1) Posisi tubuh tidur telentang dengan kaki lurus dan tangan di samping badan. (2) Posisi kaki harus lurus dan rapat agar bisa melakukan sikap lilin.

(3) Kaki dalam posisi lurus dan rapat diangkat ke atas. (4) Gunakan tangan sebagai penopang pinggang dan kaki. (5) Sebelum melakukan sikap lilin atau gerakan senam lantai lainnya, pastikan untuk melakukan pemanasan guna mengurangi risiko cedera.