Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Cara Memperbaiki Audio Tidak Berfungsi di Windows 10

10+ Cara Memperbaiki Audio Tidak Berfungsi di Windows  10

Masalah audio dapat mengganggu saat menonton film favorit Anda atau selama panggilan video. Dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah tidak dapat mengenali speaker atau headphone Anda.

Dalam kasus seperti itu, memulai ulang mungkin membantu tetapi tidak selalu. Itu sebabnya Anda perlu melihat lebih dekat untuk memecahkan masalah audio di PC Windows 10 Anda.

Kapan pun audio berhenti bekerja, mungkin ada banyak faktor di baliknya, mulai dari program pihak ketiga yang mengganggu hingga driver audio dan layanan yang berjalan di PC Anda. Untungnya, solusinya sederhana dan cepat diterapkan.

Dalam panduan ini, kami akan mulai dengan solusi paling dasar yang secara bertahap beralih ke solusi yang sedikit lebih canggih untuk memecahkan masalah audio pada PC Windows.

1. Periksa Volume

Jika tidak ada suara sama sekali, maka Anda dapat mulai dengan pengaturan volume PC Anda. Sekarang saya yakin Anda sudah melakukannya sekarang. Tapi selalu menyenangkan untuk memeriksa ulang.

Untuk memeriksa volume, klik kanan ikon speaker di bilah tugas dan pilih 'Open Volume mixer'. Kemudian, di jendela Volume Mixer, pastikan tidak ada volume yang dimatikan.

Periksa Volume

Juga, jika Anda menggunakan headphone atau speaker yang memiliki kontrol volume sendiri, pastikan untuk memeriksanya juga.

2. Ubah Perangkat Pemutaran Default

Jika Anda menggunakan beberapa perangkat audio seperti headphone, speaker eksternal, dll., dengan PC Anda, pastikan perangkat audio pilihan Anda disetel sebagai perangkat pemutaran default.

Untuk melakukannya, klik kanan pada ikon speaker di bilah tugas dan pilih Suara. Sekarang beralih ke tab Pemutaran dan atur perangkat audio pilihan sebagai perangkat pemutaran default.

Ubah Perangkat Pemutaran Default

Sekarang lanjutkan dan lihat apakah audio berfungsi dengan baik di perangkat pemutaran default Anda.

3. Pemecah Masalah Audio

Jika mengubah perangkat pemutaran tidak membantu, maka inilah saatnya untuk menggali lebih dalam dan menggunakan pemecah masalah audio bawaan Windows

Secara efisien dapat mendiagnosis masalah audio sendiri dan memperbaikinya. Berikut cara menggunakannya

Buka menu mulai dan ketik pemecah masalah audio . Kemudian pilih 'Find and fix audio playback problems'.

Pemecah Masalah Audio

Sekarang pilih perangkat audio yang ingin Anda pecahkan masalahnya dan ikuti petunjuk di layar untuk memperbaiki masalah tersebut.

Pemecah Masalah Audio

Setelah selesai, periksa untuk melihat apakah masalah audio telah teratasi. Jika tidak, Anda dapat melanjutkan ke solusi berikutnya.

4. Perbarui Driver Audio

Dalam banyak kasus, driver audio yang tidak kompatibel atau rusak ditemukan sebagai penyebab masalah suara pada Windows 10

Dalam kasus seperti itu, memperbarui atau menginstal ulang driver harus memperbaiki masalah. Inilah cara Anda dapat melakukannya

Langkah 1: Tekan tombol Windows + X untuk membuka menu tautan cepat dan pilih Device Manage dari menu.

Perbarui Driver Audio

Langkah 2: Di jendela Device Manager, luaskan 'Sound, video and game controllers'. Kemudian klik kanan pada perangkat audio, dan pilih 'Update driver' dari menu.

Perbarui Driver Audio

Langkah 3: Sekarang pilih 'Search automatically for drivers' dan ikuti petunjuk di layar untuk memperbarui driver.

Perbarui Driver Audio

Dalam sebagian besar kasus, memperbarui driver harus berhasil. Jika tidak, Anda juga dapat mencoba menginstal ulang driver audio dengan menghapus instalannya dan memulai ulang PC Anda.

5. Mulai Ulang Layanan Audio

Layanan Windows adalah program kecil yang mulai berjalan di latar belakang setiap kali PC Anda boot.

Terkadang, layanan ini, yang mencakup layanan audio, dapat bertindak karena kesalahan tertentu. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat mencoba memulai ulang layanan audio untuk memperbaiki masalah audio. Begini caranya.

Buka menu Mulai, ketik "services", dan tekan Enter. Di jendela Services, gulir ke bawah untuk menemukan Windows Audio. Klik kanan pada Windows Audio dan pilih Restart dari menu.

Mulai Ulang Layanan Audio

Ulangi proses di atas untuk memulai ulang layanan 'Windows Audio Endpoint Builder' dan 'Remote Procedure Call' juga. Setelah itu, restart PC Anda untuk melihat apakah masalah audio telah diperbaiki.

6. Perbarui Windows

Microsoft secara teratur mendorong pembaruan Windows untuk memperbaiki masalah besar atau kecil dengan PC Anda.

Pembaruan ini biasanya membawa segala macam pembaruan driver dan perbaikan bug.

Jadi, selalu disarankan Anda memeriksa pembaruan secara teratur dan pastikan untuk me-restart PC Anda agar perubahan diterapkan.

7. Gunakan Pemulihan Sistem

Jika Anda mulai menghadapi masalah audio hanya setelah mengubah pengaturan sistem atau memperbarui PC Anda, Windows memiliki fitur pemulihan sistem yang berguna yang dapat membantu untuk membatalkan perubahan yang dibuat.

Fitur pemulihan sistem memungkinkan Anda untuk memutar kembali ke titik tertentu sebelum perubahan sistem besar dilakukan tanpa kehilangan data Anda.

Anda dapat menggunakannya untuk kembali ke titik pemulihan sebelum masalah audio dimulai dan melihat apakah itu memperbaiki masalah.

Tes Suara

Terkadang, headphone atau speaker eksternal yang terhubung ke PC Anda bisa gagal, membuat Anda yakin ada masalah audio dengan PC Anda.

Untuk menemukan mana yang harus disalahkan, Anda dapat mencoba menghubungkan speaker atau headphone Anda ke perangkat lain.

Selain itu, praktik yang baik adalah melakukan pemeriksaan suara dengan mikrofon dan speaker sebelum melakukan panggilan video.

Mudah-mudahan, salah satu perbaikan berhasil untuk Anda baik-baik saja. Jika tidak, mungkin ada masalah terkait perangkat keras pada kartu suara atau speaker Anda.

Untuk memperbaikinya, Anda harus mengunjungi pusat layanan terdekat atau mendapatkan penggantinya.