Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengetahui IP Address WiFi

10+ Cara Mengetahui IP Address WiFi di Komputer & Android

Untuk melakukan perubahan pada jaringan Wi-Fi, pertama-tama kita perlu mengetahui alamat IP router Wi-Fi, sehingga kita dapat masuk ke menu pengaturan, lalu bagaimana kita dapat melihat alamat IP Wi-Fi?

Meski sekarang sudah banyak yang memasang WiFi (biasanya melalui layanan IndiHome) masih banyak pengguna yang tidak mengetahui alamat IP router WiFi-nya. Hal ini biasa terjadi pada pengguna baru karena masih belum tahu cara mengeceknya.

Terdapat banyak cara untuk menemukan alamat IP router WiFi, dapat dilakukan dengan laptop, komputer, atau ponsel Android yang telah terhubung ke jaringan WiFi.

Bagi yang ingin mnemukpan IP WiFi tetapi tidak tahu cara memeriksanya, salah satu cara berikut dapat digunakan.

Bagaimana menemukan alamat IP WiFi dari berbagai jenis router?

Kita dapat menggunakan berbagai metode untuk menemukan alamat IP WiFi dari router yang kita gunakan. Anda dapat menggunakan laptop, komputer, atau ponsel Android. Anda dapat memeriksa langkah-langkah di bawah ini.

Menampilkan IP WiFi dengan CMD

Cara termudah untuk melihat IP WiFi adalah dengan menggunakan program CMD (Command Prompt) cara ini dilakukan melalui komputer atau laptop yang dilengkapi dengan sistem operasi Windows. Berikut adalah cara melihat IP Adrees WiFi:

  • Pertama tekan tombol Windows+R secara bersamaan hingga program RUN muncul di layar.
  • Ketik CMD di kotak yang terbuka, lalu tekan Enter atau klik OK untuk membuka utilitas Command Prompt.
  • Ketik IPconfig di CMD dan tekan Enter.
  • Tunggu beberapa detik dan layar akan menampilkan informasi tentang adaptor WLAN yang Anda gunakan.
  • Anda dapat melihat IP WiFi di bagian gateway default.
  • Buatlah catatan jika Anda sulit mengingat IPnya.

Diatas adalah metode untuk memeriksa alamat IP router Wi-Fi menggunakan perangkat lunak CMD di laptop atau komputer. Apa pun jenis layanan Internet atau router yang Anda gunakan, Anda dapat menggunakan metode di atas.

Selain CMD, apakah ada cara lain untuk mendapatkan alamat IP WLAN? Tentu saja, ada banyak cara untuk mencapai Roma, kita dapat memeriksa IP WiFi di menu detail koneksi jaringan.

Bagaimana Caa Cek Alamat IP WiFi lewat Menu Network Connection?

  1. Buka program Control Panel.
  2. Pada menu Network and Internet klik View Network status and task.
  3. Lihat pada bagian View your active networks klik bagian Connection: Wi-Fi 2 (Nama jaringan WiFi).
  4. Pada jendela Wi-Fi Status klik tombol Details.
  5. Nantinya akan muncul jendela Network Connection Details.
  6. Anda dapat menemukan alamat IP router WLAN di bagian IPv4 Default Gateway.

Seperti sebelumnya, jika laptop atau komputer sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi, Anda dapat melakukan cara di atas.

Sebenarnya ini adalah cara lain untuk melihat alamat IP Wi-Fi di laptop atau komputer Windows, caranya klik icon Wi-Fi di pojok kanan atas > klik Network and Internet Setting > klik tombol Properties > Scroll down, Anda dapat melihat alamat IP WiFi di bagian "Properties" pada server DNS IPv4.

Selain itu, kita juga dapat menggunakan fungsi ponsel Android yang ada untuk mencari alamat IP WiFi, jadi kita tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk memeriksa alamat IP WiFi.

Bagaimana Cara Mengetahui IP Address WiFi Router Lewat Android

  1. Buka layar ponsel Android Anda.
  2. Masuk ke menu pengaturan.
  3. Pilih menu "Jaringan dan Internet".
  4. Klik opsi WiFi.
  5. Kemudian pilih jaringan Wi-Fi yang terhubung, lalu klik Opsi Lanjutan.
  6. Kemudian kita mendapatkan alamat IP WiFi di Android di bagian Gateway.

Dengan masuk pengatuan jaringan dan internet adalah langkah-langkah untuk mendapatkan IP WiFi di ponsel Android tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Jika laptop, komputer, atau ponsel Android kita tidak terhubung ke jaringan Wi-Fi, dapatkah kita menemukan alamat IP router Wi-Fi? Jawabannya tergantung ya atau tidak.

Jika router WiFi milik kita, kita dapat dengan mudah menemukan alamat IP WiFi. Rentang IP router dapat ditemukan di kotak router atau buku manual, atau lebih umum dalam kardus router, disamping atau dubawah router.

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat menemukan alamat IP router di kotak router, manual atau shell? Setelah itu, yang perlu Anda lakukan adalah memahami merek router dan memeriksa daftar alamat IP router default.

Kesimpulan

Diatas adalah beberapa cara untuk menemukan alamat IP WiFi untuk berbagai jenis router dan layanan Internet-cukup pilih metode yang paling sesuai untuk Anda.

Jika kita mengetahui alamat IP WiFi, kita dapat menggunakannya untuk masuk ke menu manajemen modem untuk melakukan beberapa pengaturan, seperti mengubah kata sandi WiFi, membatasi jumlah perangkat yang terhubung, dll.

Selain mengatur WiFi di menu konfigurasi router, kita juga dapat memeriksa perangkat mana yang terhubung dengan router, mengkonfigurasi jaringan, dan memecahkan masalah kesalahan router.

Pertama, cara mengetahui alamat ip wifi yang belum terhubung bisa dilakukan dengan klik kanan ikon Windows lalu pilih "Command Prompt, ketik "IPCONFIG" dan tekan enter. Pada pilihan Default Gateway akan muncul ip wifi.

Kedua, cara mengetahui ip address wifi orang lain dengan android adalah dengan membuka pengaturan, lalu masuk ke tentang ponsel, tap menu status, maka disitu akan muncul informsi ip address wifi.

Ketiga, cara mengetahui ip address wifi indihome melalui hp adalah dengan membuka pengaturan, masuk ke menu koneksi, pilih wifi, lalu klik opsi selanjutnya, maka akan muncul informasi ip address wifi indihome.

Keempat, cara mengetahui ip address wifi orang lain dengan cmd adalah dengan menekan tombol tombol Windows + R, kemudian ketik CMD, lalu ketik IPconfig, maka akan muncul informasi ip address.

Kelima, cara mengetahui router wifi orang adalah dengan menggunakan aplikasi Any Router Admin, didalam aplikasi akan diberikan pilihan untuk mengatahui router wifi dan juga ip addressnya.