Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Edit Foto dan Video Jadi Mudah, dengan 7 Aplikasi Ini

Edit Foto dan Video Jadi Mudah, dengan 7 Aplikasi Ini

Aplikasi edit foto dan video sekarang sudah banyak tersedia. Namun, tidak semua ini mudah dikelola.

Metode pengeditan yang disarankan juga bervariasi. Oleh karena itu, beberapa aplikasi sangat populer, tetapi tidak terlalu populer.

Tapi sekarang ada solusi untuk masalah ini. Banyak developer yang membuat aplikasi edit foto dan video yang mudah digunakan untuk pengguna smartphone.

Saat mengunggah ke akun media sosial, hasilnya akan sangat memuaskan.

Di bawah ini adalah panduan aplikasi edit foto dan video yang relatif mudah digunakan, tidak mengandung watermark, dan dapat langsung diunduh.

1. PicsArt

Aplikasi ini tersedia di App Store dan Play Store. Aplikasi ini dapat menggunakan pembuat kolase, pembuat stiker untuk mengedit foto dan video, dan memberikan efek sketsa seperti efek glitch dan filter retro. Ini juga menyediakan lebih dari 100 template.

Dalam deskripsi aplikasi di Play Store, pengembang PicsArt menyatakan bahwa aplikasi tersebut menempati peringkat ke-14 dalam daftar aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2019, dengan lebih dari 700 juta unduhan.

Menariknya, aplikasi ini menonjol di komunitasnya. Pengguna dapat mengunggah foto yang diedit ke aplikasi melalui antarmuka saluran untuk membuat akun dan bergabung dengan komunitas, seperti di media sosial.

PicsArt menerima 4,3 bintang di Play Store dan 4,8 bintang di App Store.

2. FotoRus

FotoRus saat ini adalah salah satu aplikasi pengeditan foto paling sederhana.Aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana saat dibuka.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Fotoable ini memiliki berat 115,3 MB dan mendapat peringkat 4,5 bintang di Apple App Store.

Namun, aplikasi ini sepertinya tidak tersedia di Play Store. Ada aplikasi dengan nama yang sama tetapi dikembangkan oleh pengembang yang berbeda.

FotoRus kini menawarkan opsi pengeditan, termasuk Pro Edit, Collage untuk membuat kolase foto, PaintLab untuk membuat foto berwarna berbeda, Beauty untuk mendekorasi foto, dan Libary untuk berbagai template foto.

3. Photo Grid

Untuk pengguna Android, kami merekomendasikan aplikasi Photo Grid dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Photo Grid telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan mendapat peringkat 4,8 bintang di Play Store.

Aplikasi 14,33 MB dengan kolase foto hingga 18 foto, lebih dari 100 opsi bingkai, mengubah rasio aspek, memotong dan mengedit foto dengan filter dan teks.

Pengguna kemudian dapat menyimpan foto resolusi tinggi dan membagikan gambar di media sosial aplikasi.

4. Unfold

Aplikasi ini cocok untuk pengguna yang suka berfoto dan saling mengenal. Aplikasi di Play Store mengatakan bahwa ekstensi adalah teknik bercerita.

Kami juga merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini di Instagram Stories agar lebih ekspresif dan menarik. Karena Unfold memberikan rasio aspek yang benar untuk cerita Instagram, dll., aplikasi ini dapat menggabungkan foto dan video menjadi kolase.

Meskipun banyak aplikasi lain menawarkan banyak warna, Unfold terlihat sederhana dan memiliki tata letak minimal. Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah.

Tidak diperlukan akun, cukup unduh aplikasi 87,06MB dari Play Store atau unduh aplikasi 127.2MB dari App Store.

Aplikasi ini menerima 4,5 bintang di Play Store dan bahkan peringkat yang hampir sempurna (4,9 poin (dari 5)) di App Store, menjadikannya salah satu pilihan teratas penerbit.

5. Splice

Splice adalah pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin belajar mengedit video, aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana.

Pengguna dapat mulai mengerjakan "proyek video" dan berhenti kapan saja untuk melanjutkan nanti, karena aplikasi ini dapat menyimpan video yang telah diedit.

Dikembangkan oleh Bending Spoons Apps IVS. Ukuran aplikasi ini adalah 102,4 MB; telah menerima 4,7 bintang di App Store. Sayangnya, aplikasi tersebut tidak tersedia di Play Store.

Splice menyediakan pengeditan video dalam format potret, persegi, atau lanskap. Aplikasi ini juga dapat menyimpan video dengan kualitas 540p, 720p, 1080p hingga 4K.

Fungsi dari aplikasi ini juga sangat lengkap, seperti mengedit video di PC, mulai dari recording, effect, background sound hingga dubbing/dubbing.

6. InShot

Aplikasi populer lainnya adalah InShot. Aplikasi ini juga direkomendasikan oleh editor Play Store karena mendukung format video Instagram dan YouTube, dan jika ukurannya tidak sesuai, memiliki latar belakang biru.

InShot telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store, dengan peringkat hampir sempurna yaitu 4,9 bintang. Selain itu, aplikasi 72,5 MB ini telah menerima 4,9 bintang di App Store.

Aplikasi ini cocok untuk pemula karena mudah digunakan, cukup gabungkan klip video untuk menambahkan suara dan teks ke emoji dalam video. Fungsi kecepatan memungkinkan pengguna untuk membuat video lebih lambat (slow motion) atau lebih cepat (delay).

7. FilmoraGo

Pengguna Android dapat menggunakan aplikasi FilmoraGo untuk mengedit video. Aplikasi ini memiliki berat 36,71 MB, telah diunduh lebih dari 10 juta kali, dan menerima 4 bintang di Play Store. Aplikasi ini juga tersedia untuk diunduh di App Store dan memiliki rating bintang 4,6.

FilmoraGo bahkan masuk dalam rekomendasi editor Play Store karena memiliki fitur edit video yang lengkap, tombol virtual yang besar, dan hasil video tanpa watermark.

Fungsi mixer dalam aplikasi juga dapat menggabungkan voice-over dengan audio asli dalam video, yang juga dapat memberi Anda sentuhan yang dipersonalisasi melalui efek animasi unik dan menambahkan teks ke video.

Untuk mendapatkan efek edit foto atau video terbaik, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi, karena setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi fungsi, sehingga dapat saling melengkapi.