Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilmu Ekonomi - Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Ilmu Ekonomi - Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia konsep ilmu ekonomi adalah ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, termasuk tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan.

Teori ilmu ekonomi ekonomi adalah ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya.

Prinsip ilmu ekonomi adalah mempelajari usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang banyak dengan sarana pemenuhan yang terbatas (economics).

Perkembangan ilmu ekonomi dimulai pada abad 18 oleh Adam Smith yang sering disebut sebagai yang pertama mengembangkan ilmu ekonomi sebagai satu cabang tersendiri dalam ilmu pengetahuan.

Apa yang dimaksud dengan ilmu ekonomi?

Apa yang dimaksud dengan ilmu ekonomi?

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas.

Dasar ilmu ekonomi adalah ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, termasuk tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan.

Ilmu ekonomi muncul karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya terbatas.

Tujuan ilmu ekonomi adalah untuk perencanaan bisnis, penentuan harga, membuat kebijakan pemasaran, kebijakan sumber daya manusia, hingga membuat kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Apa manfaat ilmu ekonomi?

Apa manfaat ilmu ekonomi?

Manfaat ilmu ekonomi adalah (1) memberikan masukan untuk pengambilan keputusan terhadap tindakan ekonomi. (2) Membantu dalam memahami pola perilaku ekonomi masyarakat.

(3) Membantu pengambilan keputusan dalam prioritas kebutuhan yang ingin dipenuhi.

(4) Membantu memberikan pengertian pada potensi & keterbatasan sebuah kebijakan ekonomi. (5) Meningkatkan kepekaan manusia pada masalah ekonomi dan global.

Ruang lingkup ekonomi

Terdapat 2 ruang lingkup ilmu ekonomi, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro.

1. Ekonomi mikro (microeconomics)

Ilmu ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari bagian kecil atau aspek individual dari kegiatan perekonomian, yaitu berupaanalisis konsumen (dalam menggunakan pendapatannya) dan produsen (dalam menawarkan barangnya) dalam pasar.

Ekonomi mikro juga disebut sebagai teori harga karena inti dari ekonomi mikro adalah penentuan harga.

2. Ekonomi makro (macroeconomics)

Ilmu ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari keseluruhan perilaku ekonomi yang berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien demi mencapai kemakmuran masyarakat yang maksimal.

Ekonomi makro dikenal juga sebagai teori pendapatan karena inti ekonomi makro adalah penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dengan pendapatan.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekomomi terbagi menjadi tiga yaitu produksi, konsumsi, dan distribusi.

1. Produksi

Produksi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan atau menambah nilai guna dari barang dan jasa.

Contoh, ketika penjual tas mengubah kain menjadi tas buatannya. Penjual tas tersebut melakukan kegiatan produksi karena menghasilkan barang dan jasa.

2. Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya adalah penggunaan bensin untuk bahan bakar kendaraan.

3. Distribusi

Distribusi adalah kegiatan penyebaran barang dan jasa yang diproduksi. Misalnya, distribusi yang dilakukan untuk membawa beras dari desa A ke kota B untuk memenuhi kebutuhan warga kota A akan beras.

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 1

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 1

Pertanyaan: pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah?

Pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia untuk mencapai tujuan dan mengelola kelangkaan yang ada untuk tujuan tersebut.

Pertanyaan: berikut yang dimaksud ilmu ekonomi adalah?

Berikut yang dimaksud ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan dalam mencapai kemakmuran.

Pertanyaan: ilmu ekonomi terapan adalah?

Ilmu ekonomi terapan (applied economy) adalah ilmu yang menelaah atau mempelajari tentang kebijakan-kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam perekonomian.

Pertanyaan: apa yang dimaksud dengan kebutuhan?

Secara umum, yang dimaksud dengan kebutuhan adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia, atau keinginan manusia yang harus dipenuhi, demi tercapainya kepuasan rohani maupun jasmani untuk keberlangsungan hidupnya.

Pertanyaan: kelangkaan terjadi karena?

Pada dasarnua kelangkaan terjadi karena kondisi di mana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan, jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia.

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 2

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 2

Pertanyaan: keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ilmu ekonomi disebut?

Dalam ilmu ekonomi, keterbatasan alat pemuas kebutuhan disebut sebagai kelangkaan. Kelangkaan mempunyai arti jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia.

Pertanyaan: kelangkaan dalam ilmu ekonomi memenuhi makna?

Kelangkaan dalam ilmu ekonomi memenuhi makna yaitu terbatas, dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya kebutuhan manusia.

Pertanyaan: kegunaan mempelajari ilmu ekonomi adalah?

Kegunaan mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk memahami masyarakat dengan lebih baik berkaitan dengan kegiatan ekonomi mereka.

Pertanyaan: kelangkaan dalam ilmu ekonomi berarti?

Kelangkaan dalam ilmu ekonomi berarti jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia, yaitu kondisi keterbatasan alat pemuas kebutuhan.

Pertanyaan: ilmu ekonomi dapat dibagi menjadi?

Ilmu ekonomi dapat dibagi menjadi dua yaitu imu ekonomi mikro (microeconomics), dan ilmu ekonomi makro (macroeconomics).

Pertanyaan: cabang ilmu ekonomi yang mempelajari segala sesuatu mengenai hubungan ekonomi antarnegara disebut?

Ekonomi internasional adalah cabang ilmu ilmu ekonomi yang mempelajari segala sesuatu mengenai hubungan ekonomi antarnegara, baik dari segi perdagangan internasional maupun pasar kredit internasional.

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 3

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 3

Pertanyaan: masalah yang paling mendasar dalam ilmu ekonomi adalah?

Keterbatasan sumber daya dibandingkan dengan kebutuhan manusia yang lebih banyak adalah masalah yang paling mendasar dalam ilmu ekonomi.

Pertanyaan: tujuan manusia mempelajari ilmu ekonomi menurut wonnacott?

Menurut wonnacott tujuan manusia mempelajari ilmu ekonomi adalah (1) Membantu mengatasi masalah ketenagakerjaan, pengangguran, tingkat upah, kesempatan kerja dan hubungan kerja.

(2) Mempelajari stabilitas harga yang menyangkut upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi masalah tingkat harga dan inflasi sehingga tidak merugikan masyarakat dan negara.

(3) Adanya efisiensi yang berkaitan dengan penghitungan pelaku ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi yang menguntungkan.

(4) Mendistribusikan pendapatan secara adil yang diupayakan pemerintah dan masyarkat dalam rangka mencapai tingkat kesejahteraan hidup.

(5) Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang mengarah pada penyelenggaraan pembangunan secara adil dan merata.

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 4

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 4

Pertanyaan: contoh masalah yang dibahas dalam ekonomi makro adalah?

Sebagai contoh masalah yang dibahas dalam ekonomi makro adalah masalah kemiskinan dan pengangguran, krisis nilai tukar terhadap utang luar negeri, permasalahan perbankan dan kredit macet, dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Pertanyaan: oikos artinya?

Oikos artinya keluarga, rumah tangga. Sedangkan nomos artinya peraturan, aturan, hukum. Kedua kata tersebut adalah istilah lain dari ekonomi dalam bahasa yunani.

Pertanyaan: perbedaan antara teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro terletak pada?

Perbedaan antara teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro terletak pada terletak pada tingkat jangkuannya kalau makro menyeluruh, sedangkan mikro hanya bagian kecil atau individual.

Pertanyaan: kata ekonomi berasal dari bahasa yunani oikonomia yang berarti?

Kata ekonomi berasal dari bahasa yunani oikonomia yang berarti Oikos artinya keluarga, rumah tangga. Sedangkan nomos artinya peraturan, aturan, hukum.

Pertanyaan: jelaskan batasan dan ruang lingkup dari ilmu ekonomi?

Pada dasarnya batasan dan ruang lingkup dari ilmu ekonomi terbagi menjadi dua yaitu Ekonomi mikro (microeconomics) dan Ekonomi makro (macroeconomics).

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 5

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 5

Pertanyaan: hal pokok yang menjadi masalah dalam ilmu ekonomi adalah?

Kelangkaan sumber daya ekonomi dan kebutuhan terhadap barang dan jasa adalah hal pokok yang menjadi masalah dalam ilmu ekonomi.

Pertanyaan: menurut pengertian ilmu ekonomi kemakmuran akan tercapai apabila?

Menurut pengertian ilmu ekonomi kemakmuran akan tercapai apabila terdapat keseimbangan antara kebutuhan dan alat pemenuhan kebutuhan.

Pertanyaan: mengapa ilmu ekonomi penting untuk dipelajari?

Alasan mengapa ilmu ekonomi penting untuk dipelajari adalah kita bisa memprediksi tindakan manusia ke depannya yang kemudian bisa digunakan untuk perencanaan bisnis.

Termasuk penentuan harga, membuat kebijakan pemasaran, kebijakan sumber daya manusia, hingga membuat kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Pertanyaan: tuliskan sejarah perkembangan ilmu ekonomi?

Sejarah perkembangan ilmu ekonomi dimulai dari seorang Adam Smith sering disebut sebagai yang pertama mengembangkan ilmu ekonomi pada abad 18 sebagai satu cabang tersendiri dalam ilmu pengetahuan.

Dalam bukunya, Smith menyatakan bahwa dengan adanya kebijaksanaan dan keadilan, maka suatu masyarakat dapat bertahan. Perkembangan sejarah pemikiran ekonomi kemudian berlanjut dengan menghasilkan tokoh-tokoh seperti Alfred Marshall, J.M. Keynes, Karl Marx, hingga peraih hadiah Nobel bidang Ekonomi tahun 2006, Edmund Phelps.

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 6

Tanya Jawab Seputar Ilmu Ekomoni Part 6

Pertanyaan: menurut paul samuelson ekonomi merupakan cara manusia untuk?

Menurut paul samuelson ekonomi merupakan cara manusia untuk mempelajari tingkah laku manusian dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai komoditi yang kemudian akan didistribusikan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat.

Pertanyaan: bagaimana kedudukan ilmu ekonomi dalam ilmu sosial?

Kedudukan ilmu ekonomi dalam ilmu sosial memberikan manfaat dalam memecahkan berbagai permasalahan dalam keseharian dan menjadikan manusia lebih sejahtera.