Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langsung Ketemu: 7 Aplikasi Pencari Sinyal Parabola Telkom 4 dan Palapa D

Langsung Ketemu 7 Aplikasi Pencari Sinyal Parabola Telkom 4 dan Palapa D

Aplikasi pencari parabola merupakan angin segar bagi para ahli parabola, karena aplikasi ini dapat dengan mudah melacak lokasi parabola khususnya satelit Palapa D dan Telkom 4.

Namun tidak hanya untuk teknisi, aplikasi pencari antena satelit ini juga bisa digunakan jika pengguna biasa memiliki smartphone dengan OS Android 4.0 atau lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi pelacakan parabola yang dapat Anda coba.

Daftar aplikasi pencari parabola terbaik

1. DVBFinder

Aplikasi pertama yang dapat Anda percaya untuk menemukan satelit Palapa D dan Telekom 4 adalah DVBFinder. Google Play Store.

DVBFinder memiliki beberapa penerima terintegrasi, memungkinkan Anda menemukan sinyal TV satelit dengan lebih mudah.

Selain itu, DVBFinder juga memiliki fungsi menghubungkan receiver langsung ke smartphone Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memeriksa kekuatan sinyal di layar TV.

2. Satelit Finder App

Aplikasi Pencari Satelit Aplikasi selanjutnya adalah Satelit Finder App, yang juga akan membantu Anda melacak satelit dan mengarahkan antena satelit Anda. Selain satelit Telekom dan Palapa D, aplikasi ini juga menampilkan semua satelit berdasarkan lokasi.

Selain itu, aplikasi pencari satelit ini memberi Anda sudut azimuth sehingga Anda dapat dengan mudah menentukan ketinggian layar antena dan menyesuaikan kemiringan LNB.

3. Satellite Pointer

Penunjuk Satelit adalah aplikasi pelacakan parabola, tidak kalah dengan dua aplikasi pertama.

Ukuran aplikasi cukup besar yaitu 19MB. Oleh karena itu, sebelum menginstal, pastikan smartphone yang akan Anda gunakan memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Aplikasi pencari satelit ini dilengkapi dengan mode augmented reality. Anda hanya perlu mengarahkan smartphone Anda ke langit dan daftar satelit yang mengorbit bumi akan muncul.

4. SatFinder

SatFinder memiliki berbagai fungsi dan layak untuk dimasukkan dalam daftar aplikasi detektor parabola terbaik.

Sangat mudah digunakan, Anda hanya perlu mengaktifkan GPS, lalu buka aplikasi ini di sebelah parabola dan arahkan ke langit.

Nantinya aplikasi ini akan memberikan Anda azimuth satelit yang akurat, elevasi dan kemiringan LNB berdasarkan GPS, sehingga Anda dapat memposisikan ulang antena satelit atau menyesuaikan kemiringan LNB untuk mendapatkan sinyal terbaik.

5. DishPointer

Kelima adalah aplikasi bernama DishPointer dengan ukuran 19 MB dan skor 4,4 di Google Play store.

Aplikasi ini memiliki dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar, namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda hanya perlu mencari parabola menggunakan aplikasi DishPointer versi gratis.

Selain itu, fitur versi gratis dari aplikasi DishPointer sama luasnya dengan versi berbayar.Namun, versi gratisnya hanya bisa digunakan di smartphone yang sudah mendukung augmented reality.

6. Satellite Director

Selain handal dalam mencari sinyal TV satelit, anda juga bisa mencoba aplikasi Satellite Director.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui kekuatan sinyal setiap saluran TV dari SCTV, Indonesia, Trans 7, GTV, MNC TV, dll.

Setelah menentukan kekuatan sinyal, direktur satelit akan memberikan informasi tentang azimuth dan arah antena atau antena parabola untuk mengoptimalkan sinyal yang diterima.

7. DMSatFinder

Aplikasi terakhir untuk menemukan parabola terbaik adalah DMSatFinder oleh Lukasz Modlinski.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menyalakan data seluler dan GPS di smartphone Anda, lalu mengarahkan smartphone Anda ke langit di sebelah antena satelit.

Setelah memposisikan satelit, aplikasi ini juga akan menampilkan informasi tentang sudut elevasi, arah antena dan sudut elevasi kemiringan LNB.

Berikut adalah beberapa aplikasi pencari parabola terbaik untuk Anda coba.