Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang yang Berkata Dusta Merupakan Salah Satu Tanda

Orang yang Berkata Dusta Merupakan Salah Satu Tanda

Orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda munafik. Dusta adalah mengucap sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan atau mengurangi dan melebih-lebihkannya.

Kuisme sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Orang yang mengumandangkan adzan disebut beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Dusta umumnya dilakukan karena ingin mendapatkan keuntungan pribadi yakni dengan menipu orang lain.

Munafik adalah terminologi dalam Islam untuk merujuk pada mereka yang berpura-pura mengikuti ajaran agama Islam, tetapi sebenarnya hati mereka memungkirinya.

Berbohong adalah berkata yang tidak sesuai kenyataan. Untuk disebut berbohong, harus ada unsur kesengajaan.

Tujuannya agar orang lain percaya dengan dustanya tersebut. Perilaku bohong juga dilakukan ketika seseorang berkata suatu hal yang menyalahi tindakannya.

Orang yang awam terhadap suatu perkara, lalu menyampaikan suatu pernyataan, kemudian diketahui bahwa perkataannya keliru tidak mutlak dianggap berbohong. Sebab, bisa jadi ia tidak bermaksud sengaja untuk mendustai orang lain.

Dusta dan kebohongan adalah sifat orang-orang munafik, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

"Ciri-ciri munafik ada tiga, yaitu apabila berbicara banyak berbohong, apabila berjanji sering ingkar, apabila diberi amanat sering berkhianat,” (H.R. Bukhari dan Muslim).