Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Patung dari Bahan Lunak Biasanya Mempergunakan Bahan

Patung dari Bahan Lunak Biasanya Mempergunakan Bahan

Patung dari Bahan Lunak Biasanya Mempergunakan Bahan

Patung dari bahan lunak biasanya mempergunakan bahan tanah liat dan lilin. Bahan lunak terbuat dari material yang empuk dan mudah dibentuk. Contohnya adalah tanah liat, lilin, dan plastisin.

Kuisme sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Peer to peer merupakan jenis jaringan beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Menurut buku Seni Rupa SMP: Seni Lukis, Seni Patung, Seni Grafis, dan Pameran (2020: 46) karya Eighteen Salasibahan, bahan yang digunakan dalam pembuatan patung dibedakan menjadi lima jenis, yakni: bahan lunak, bahan sedang, bahan keras, bahan cor, dan bahan-bahan lain.

Sementara itu, alat yang dapat digunakan dalam proses pembuatan seni patung antara lain:

Butsir yang terbuat dari kayu dan kawat. Meja putar untuk mengontrol bentuk patung dari berbagai arah. Tatah dan gadhen atau alat untuk memahat, mengurangi, dan membentuk bahan berupa batu dan kayu.

Palu untuk memukul. Tang untuk mengencangkan ikatan kawat. Sendok untuk mengambil adonan dan menempelkannya pada kerangka patung.

Menurut buku Pendidikan Seni Rupa (K-04) karya Dedi Nurhadiat (2004: 42), bentuk perwujudan seni patung dibagi menjadi tiga, yaitu: Naturalis yang meniru alam dengan hasil yang hampir sama dengan yang ditirunya.

Figuratif atau abstraksi yaitu bentuk patung yang menyerupakan intisari dari alam, dengan modifikasi berupa penyederhanaan (deformasi) atau diperumit (sylir).

Abstrak yakni murni berbentuk geometris, non geometris, abstrak simbolis, dan filosofis.