Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembuluh Nadi yang Paling Besar Disebut

Pembuluh Nadi yang Paling Besar Disebut

Pembuluh Nadi yang Paling Besar Disebut

Pembuluh nadi yang paling besar disebut Aorta. Aorta adalah pembuluh nadi terbesar dalam tubuh yang keluar dari ventrikel jantung dan membawa banyak oksigen

Fungsi ini bertolak belakang dengan fungsi pembuluh balik yang membawa darah menuju jantung.

Kuisme sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Pemilihan lokasi wirausaha harus memperhatikan beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Sistem sirkulasi sangat penting dalam mempertahankan hidup. Fungsi utamanya adalah menghantarkan oksigen dan nutrisi ke semua sel, serta mengangkut zat buangan seperi karbon dioksida.

Pada negara berkembang, dua kejadian kematian utama disebabkan oleh infark miokardium dan stroke pada sistem pembuluh nadi, misalnya arterosklerosis.

Sistem sirkulasi arteri bisa dibagikan menjadi dua cabang — arteri sistemik, yang membawa darah mengandung oksigen dari jantung ke seluruh tubuh, dan arteri pulmonaris, yang membawa darah tanpa oksigen dari jantung ke paru-paru.

Lapisan terluar pembuluh nadi disebut tunica eksterna atau tunika adventitia yang tersusun dari serat kolagen dan jaringan elastis.

Di lapisan selanjutnya terdapat tunika media yang tersusun atas otot polos, serat kolagen dan jaringan elastis.

Lapisan terdalam adalah tunika intima yang tersusun atas sel endotelial dan lapisan kolagen yang kaya dengan elastin di arteri elastis. Darah mengalir di dalam rongga yang bernama lumen.