Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemukul yang Digunakan Dalam Permainan Softball Disebut

Pemukul yang Digunakan Dalam Permainan Softball Disebut

Pemukul yang Digunakan Dalam Permainan Softball Disebut

Pemukul yang digunakan dalam permainan softball disebut batter. Batter bertugas memukul bola untuk mencetak angka (run) dengan cara berlari ke base, lalu menginjak atau menyentuh semua base secara berurutan kemudian kembali ke home plate.

Kuisme sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Pendiri dinasti abbasiyah adalah beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Seorang pemukul menerima lemparan dari seorang pelempar (pitcher) dari area pitcher plate yang berjarak 13 meter.

Batter atau seorang pemain softball mendapat kesempatan memukul bola sebanyak 3 (tiga) kali strike atau 4 kali ball.

Strike Zone adalah area antara lutut pemukul (batter) hingga bagian tengah punggungnya. Area inilah yang menjadi target lemparan dari pitcher.

Agar lemparan bola dinyatakan sah, pitcher harus melempar bola ke area Strike Zone. Sah atau tidaknya hasil lemparan pitcher akan dinilai oleh umpire (wasit).

Strike adalah kondisi di mana pemukul atau batter tidak bisa mengenai bola saat mengayunkan bat (tongkat pemukul).

Jika pemukul sudah mengayunkan bat-nya dan tidak mengenai bola maka kondisi ini dinyatakan Strike, terlepas bola yang dilempar pitcher masuk atau tidak ke dalam area Strike Zone.

Seorang pemain softball mendapat kesempatan memukul bola sebanyak tiga kali. Jika adalam tiga kesempatan itu terjadi Strike, pemukul dinyatakan Strike Out dan harus keluar.

Ball adalah kondisi di mana bola yang dilempar pitcher tidak masuk ke dalam area Strike Zone dan pemukul tidak mengayunkan bat-nya.

Pengertian Fair Ball adalah bola hasil pukulan yang dinyatakan sah sehingga pemukul dan pelari (base runner) bisa melanjutkan lari ke base selanjutnya.

Foul Ball adalah hasil pukulan yang tidak sah sehingga pemukul dan pelari tidak bisa melanjutkan lari ke base selanjutnya.

Bola dinyatakan sah apabila jatuh di area fair yakni infield dan outfield. Sebaliknya, bola dinyatakan tidak sah apabila jatuh di luar area fair.

Bunt adalah pukulan yang dilakukan oleh batter di mana bola hanya dikenakan pada bat tanpa disertai ayunan.

Pengertian Home Run adalah hasil pukulan melambung melewati batas luar dari outfield dan tidak bisa dijangkau oleh penjaga (baseman).

Kondisi tersebut membuat pemukul bisa berlari melewati semua base secara bebas dan pelari di semua base juga bisa berlari ke home plate.