Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penentuan Puasa Awal Ramadan Ditentukan Melalui

Penentuan Puasa Awal Ramadan Ditentukan Melalui

Penentuan Puasa Awal Ramadan Ditentukan Melalui

Penentuan puasa awal ramadan ditentukan melalui sidang isbat pemerintah. Sidang isbat adalah pertemuan untuk menetapkan bulan berkaitan dengan ibadah.

Namun secara lebih populer, di Indonesia siding isbat dikaitkan dengan penetapan datangnya bulan Ramadan, Idul Fitri, idul Adha hingga isbat Nikah.

Kuisme sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Pengadilan hak asasi manusia diatur dalam salah satu instrumen pancasila yaitu beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Sidang isbat di Indonesia sendiri umumnya digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriah, yakni hari ke 29 di bulan Sya’ban.

Sidang isbat dilakukan supaya umat muslim dapat melaksanakan ibadah sesuai waktunya yakni Ramadan pertama.

Maka dari itu sidang isbat penting untuk dilakukan demi menengahi perbedaan soal kapan Ramadan tahun sekarang.

Sidang isbat akan terbagi dalam tiga tahapan.

Tahap pertama yakni pemaparan posisi hilal yang akan dilakukan oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag. Kali ini sesi pemaparan hilal akan dimulai pukul 16.45 WIB.

Tahapan kedua yakni pelaksanaan sidang isbat itu sendiri yang akan digelar secara tertutup setelah Salat Magrib. Sedangkan tahap terakhir yakni konferensi pers hasil sidang isbat kementerian agama.

Pelaksanaan ini sudah disesuaikan dengan oleh Kementerian Agama pada Fatwa Majlis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tenang penetapan Awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah.

Prosesi sidang isbat yang digelar secara terbatas ini akan dihadiri oleh perwakilan komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, ormas-ormas Islam, hingga Lembaga yang berkaitan dengan Hisab dan Rukyat.