Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyajian Tari yang Dibawakan Oleh Seorang Penari Disebut

Penyajian Tari yang Dibawakan Oleh Seorang Penari Disebut

Penyajian Tari yang Dibawakan Oleh Seorang Penari Disebut

Penyajian tari yang dibawakan oleh seorang penari disebut tari tunggal. Tari tunggal merupakan gerak tari yang hanya dilakukan oleh perseorangan atau satu individu saja.

Tarian tunggal bisa dilakukan oleh putra atau putri, sesuai dengan jenis tarian yang akan ditampilkan.

Kuisme sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Perbedaan antara jalan dengan lari terletak pada beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Dalam melakukan tari tunggal, seorang penari harus memperhatikan beberapa hal penting.

Memiliki keterampilan menari yang bagus, karena akan menjadi pusat perhatian penonton saat tampil di atas panggung.

Menguasai seluruh teknik tari, baik teknik dasarnya maupun teknik-teknik tambahan lainnya yang disesuaikan dengan tarian yang akan ditampilkan.

Memiliki keterampilan mengolah rasa saat menari. Artinya penari tunggal harus bisa menyesuaikan gerakan tubuh dan ekspresi wajah sesuai dengan alunan musik.

Menguasai panggung atau tempat pentas. Penari tunggal harus mempelajari tata penguasaan panggung, misalnya gerakan berpindah tempat, dan lain sebagainya.

Menurut Noviea Varahdilah Sandi dalam jurnal yang berjudul Analisis Tari Tunggal Daerah Pada Siswa Sekolah Dasar (2019), tari tunggal dilakukan dengan menggerakkan seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga kaki, sama seperti jenis tarian lainnya.

Hanya saja untuk pemula, tari tunggal mulai diajarkan dengan menggerakkan kaki, badan serta kepala. Semakin tinggi tingkatannya, akan semakin rumit pula tekniknya.