Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pukulan Pembuka Dalam Bulu Tangkis Disebut

Pukulan Pembuka Dalam Bulu Tangkis Disebut

Pukulan Pembuka Dalam Bulu Tangkis Disebut

Pukulan pembuka dalam bulu tangkis disebut pukulan servis. Teknik dasar servis pada bulutangkis dibagi menjadi dua teknik yaitu forehand dan backhand.

Kuisme sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Pukulan pembuka dalam bulutangkis disebut beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Pukulan forehand adalah pukulan yang diayunkan dari belakang tubuh ke arah depan. Posisi raket dan telapak tangan menghadap shuttlecock (kok).

Sedangkan..

Pukulan backhand adalah pukulan pada saat memukul shuttlecock posisi telapak tangan yang memegang raket menghadap ke belakang.

Servis forehand bertujuan untuk melambungkan shuttlecock ke bagian belakang lawan.

Servis backhand bertujuan agar lawan tidak balik menyerang.

Namun, pada dasarnya ada tiga teknik dasar servis dalam olahraga bulu tangkis, yaitu servis panjang (long service), servis pendek (short service), dan flick service.

Servis panjang biasanya digunakan dalam pertandingan tunggal. Cara melakukan servis panjang adalah dengan memukul shuttlecock penuh tenaga dari bawah dan diarahkan ke bagian belakang atas lawan.

Servis pendek kebanyakan dilakukan dengan teknik backhand. Servis pendek bisa membuat shuttlecock jatuh di dekat garis serangan lawan. Servis pendek sering digunakan dalam pertandingan ganda.

Cara melakuakn short service atau servis pendek adalah diarahkan ke area depan bidang permainan lawan.

Flick service bisa dibilang adalah kombinasi antara servis pendek dan servis panjang. Teknik Flick service kerap diperagakan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo saat bertanding.

Flick service adaah servis yang dilakukan secara cepat atau tiba-tiba ke arah belakang lawan dengan tujuan mengecoh lawan.