Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Air Purifier Atau Pembersih Udara Terbaik Yang Bisa Anda Beli

(Foto: Shutterstock)  

Air purifier merupakan teknologi untuk menjaga udara di dalam ruangan agar tetap bersih dan segar. Seringkali ventilasi udara melalui jendela tidak terlalu bersih sehingga menyebabkan udara di dalam ruangan menjadi buruk. Untuk itu diperlukan suatu teknologi yang dapat digunakan untuk menjernihkan udara dalam ruangan yang masuk dari luar melalui ventilasi.

Cara kerja air purifier sebenarnya cukup sederhana karena hanya membuat udara menjadi lebih bersih, sehingga tidak dingin seperti AC. Namun udara di dalam kamar pasti akan terasa lebih santai karena udaranya yang bersih. Berikut ini pembersih udara terbaik yang bisa Anda pilih, Simak sarannya di bawah ini, ya!

1 Samsung AX60R

Sebagai produsen peralatan rumah tangga terpercaya, Samsung tentu tidak mau ketinggalan masuk dalam persaingan pasar produk pembersih udara. Samsung Air Purifier AX60R ini memiliki fitur 3-Way Airflow. Bagian depan Air Inlet akan menyedot udara, kemudian Power Fan akan menggunakan kemampuan ini untuk menyebarkan udara ke berbagai arah.

Filternya sendiri terdiri dari tiga bagian, Washable Pre-Filter (yang dapat menjebak serbuk sari dan bulu hewan peliharaan), Activated Carbon Deodorization Filter (yang dapat menjebak gas berbahaya), dan HEPA Filtration dengan filter debu ultra-halus (yang dapat menjebak debu dan bakteri ). Ketiga lapisan filter tersebut diklaim mampu menahan 99,97 persen debu berukuran 0,3 berukranm.

Samsung Air Purifier AX60R sudah dilengkapi dengan indikator kualitas udara. Jika berwarna biru maka itu pertanda kualitas udara dianggap baik. Namun jika indikator berwarna merah berarti udara disekitar ruangan buruk. Samsung Air Purifier AX60R dapat menangani luas ruangan hingga 60 meter persegi. Anda bisa membeli produk ini seharga Rp. 3.299.000.

2. Sharp KI-L60Y-W dan Sharp KI-L80Y-W

Produk Air Purifier Terbaru dari Sharp Tahun 2021 ialah seri Sharp KI-L Series. Alat ini tersedia dengan dua model, Sharp KI-L60Y-W dan Sharp KI-L80Y-W. Secara umum, dua jenis pembersih udara terbaik dari sharp ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Perbedaanya hanya jarak sembur ke ruangan jika seri KI-L60Y dapat mendukung area hingga 50 meter persegi, dan KI-L80Y mencakup area seluas 62 meter persegi.

Jjika Anda membutuhkan alat dengan jangkauan yang lebih luas, maka pilih saja seri KI-L80Y. Namun jika ruangan atau kamar anda yang lebih kecil, silakan bisa memilih KI-L60Y. Ukur ruangan sebelum Anda membeli, Air Purifier ini dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster. Teknologi tersebut diklaim mampu melawan dan membunuh droplet virus secara efektif. 

Kadar ion plasmacluster mampu memurnikan udara dalam ruangan, menghilangkan bau, melembabkan kulit wajah dan juga dapat mengurangi partikel debu kecil. Seri Sharp KI-L sendiri memiliki fitur Plasmacluster High Density 25.000, mode otomatis 6-sensing, humidifikasi dan PCI HD 100.000. Menariknya, Anda dapat mengontrol produk langsung dari ponsel Anda. Anda juga dapat memeriksa status filter dari aplikasi Sharp di ponsel Anda.

Sharp KI-L Series tersedia mulai dari Rp. 6.999.000.

3. Sharp FP-F40Y

Sebagai salah satu produsen perangkat teknologi yang paling terkenal, Sharp selalu menawarkan produk-produk berkualitas tinggi. Salah satunya adalah pembersih udara Sharp FP-F40Y. Alat ini dilengkapi dengan sistem penonaktifan mikroorganisme yang dapat membuat udara lebih bersih dan sehat. Generator ion dalam pembersih udara ini menghasilkan ion cluster plasma, ion positif dan ion negatif, yang secara aktif mencari mikroorganisme dan membunuhnya.

Sharp FP-F40Y sudah dilengkapi dengan teknologi filter utama yaitu Filter Deodorizing, Filter HEPA,  dan Pre-Filter yang akan berperan dalam menyaring debu di udara yang mengandung alergen. Sharp FP-F40Y bisa kamu beli seharga Rp 2.215.000.

4. Sharp FP-JM40Y-B dengan Penangkap Nyamuk

Butuh Air Purifier Terbaik dengan kemampuan menjebak nyamuk? Anda dapat menemukan kemampuan ini pada Sharp FP-JM40Y-B dengan Mosquito Catcher. Ya, produk ini memiliki fitur penangkap nyamuk sekaligus penjernih udara. Bagaimana Sharp FP-JM40Y-B dapat menangkap nyamuk? Pembersih udara dilengkapi dengan lampu UV, yang dianggap menarik nyamuk. Badan hitam perangkat juga diperkirakan akan menarik nyamuk. Nyamuk akan tersedot ke alat pembersih udara saat mendekat. Di dalam, ada filter dengan lapisan lengket. Harapannya nyamuk menempel di bagian itu.

Anda dapat membeli perangkat ini seharga Rp 3.250.000.

5. Daikin MC30VVM-H

Salah satu alat pembersih udara yang efektif dan terbaik adalah Daikin MC30VVM-H. Alat ini diklim mampu menetralisir kuman dan jamur yang ada di udara sehingga membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Alat ini terdapat teknologi flow discharge yang berfungsi untuk melepaskan elektron berkecepatan tinggi terhadap jamur dan bakteri.

Air Purifier Daikin ini juga dilengkapi dengan filter HEPA namun belum memiliki sensor debu. Jangkauannya mencapai 21,5 meter persegi dan dilengkapi juga dengan filter penghilang bau agar udara tetap segar. Anda bisa membeli produk ini dengan harga Rp 1.800.000.

6. Sharp FP-J30Y

Sharp FP-J30Y ini telah dilengkapi dengan sistem anti mikroorganisme. Selain itu, air cleaner ini dilengkapi dengan lampu indikator yang menandakan bahwa filter HEPA kotor dan perlu dibersihkan. Alat ini memiliki daya hisap yang cukup kuat untuk dapat menyaring udara diruangan dan memancarkan Ion Plasmacluster secara merata ke seluruh sudut ruangan sehingga ruangan tetap bersih dan sehat. Teknologi Ion plasmacluster ini dirancang untuk menetralisir dan menekan pertumbuhan bakteri secara efektif dan akan menghilangkan kotoran penyebab alergi di udara.

Anda bisa membeli Sharp FP-J30Y seharga Rp. 1.442.000.

Kesimpulan

Bagi Anda yang sensitif terhadap bau, sangat disarankan untuk menggunakan pembersih udara. Hal ini karena air purifier dapat menghilangkan bau tidak sedap dan telah dibuktikan oleh Japan Spinners Inspecting Foundation melalui serangkaian pengujian yang andal menggunakan enam tingkat pengukuran bau.

Selain meminimalkan bau yang tidak sedap dan menyengat, pembersih udara juga dapat menghilangkan bakteri dan virus dari udara. Manfaat ini juga telah dibuktikan oleh penelitian Retroscreen Virology UK. Anda dapar menyesuaikan budget dan kebutuhan anda, pilih merek air purifier mana yang paling cocok dan hendak anda beli. Terimaksih