Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Relief Wilayah Inggris Terbagi Dua yaitu

Relief Wilayah Inggris Terbagi Dua yaitu

Relief Wilayah Inggris Terbagi Dua yaitu

Relief wilayah inggris terbagi dua yaitu bagian utara bergunung-gunung, bagian timur dataran rendah. Relief menunjukkan perbedaan usia batuan.

Kuisme sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Renang gaya dada disebut juga beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Pada dasarnya batuan berusia lebih tua berada di barat dan utara, batuan yang lebih muda berada di timur dan selatan.

Relief Inggris terdiri dari daerah pegunungan dan dataran. Daerah pegunungan meliputi Skotlandia, Irlandia Utara, Wales dan England bagian utara serta semenanjung barat daya, di mana puncak tertinggi yaitu Ben Nevis (1.343 meter) yang terletak di Skotlandia.

Daerah dataran terdapat di England bagian selatan dan timur. Pantai-pantai di Inggris berbentuk curam, ada yang berpasir dan ada yang berlumpur.

Garis pantai yang berliku-liku membentuk fyord yang baik untuk pelabuhan. Fyord terdapat di Skotlandia. Laut dan sungai di Inggris tidak membeku di musim dingin, karena adanya pengaruh arus teluk yang panas yang disebut Gulfstream.

Kota-kota besar seperti London, Liverpool, Southampton, Hull, Bristol, New Castle dan Glasgow terletak di muara-muara sungai dan juga merupakan pelabuhan laut yang penting. Sungai-sungai besar yaitu Sungai Thames, Sungai Sevem, dan Sungai Trent yang semuanya terletak di England.