Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah Satu Ciri Hikayat adalah Anonim yang Berarti

Salah Satu Ciri Hikayat adalah Anonim yang Berarti

Salah Satu Ciri Hikayat adalah Anonim yang Berarti

Salah satu ciri hikayat adalah anonim yang berarti pengarangnya tidak dikenali (Anonim), terdapat kemustahilan dalam cerita, terdapat kesaktian tokoh-tokohnya, istana sentris, dan menggunakan alur berbingkai (cerita berbingkai).

Kuisme sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Salah satu faktor eksternal penyebab pelanggaran ham adalah beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Hikayat adalah salah satu jenis cerita rakyat yang disajikan dengan bahasa Melayu klasik yang menonjolkan unsur penceritaan berciri kemustahilan dan kesaktian tokoh-tokohnya.

Dalam Karya Sastra Melayu Riau (2017) yang ditulis oleh Fitria Rosa, Neni Hermita dan Achmad Samsudin, hikayat berasal dari bahasa Arab hikayah, artinya kisah, cerita, atau dongeng.

Dalam sastra Melayu lama, pengertian hikayat adalah cerita rekaan berbentuk prosa panjang berbahasa Melayu, yang menceritakan tentang kehebatan dan kepahlawanan orang ternama dengan segala kesaktian dan keanehan yang dimiliki.

Menurut KBBI, hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu.

Hikayat biasanya dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta.

Orang ternama yang menjadi tokoh dalam hikayat biasanya raja, putera-puteri raja, orang-orang suci, dan sebagainya.

'