Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah Satu Unsur Penting Dalam Peristiwa Sejarah adalah Waktu Karena

Salah Satu Unsur Penting Dalam Peristiwa Sejarah adalah Waktu Karena

Salah Satu Unsur Penting Dalam Peristiwa Sejarah adalah Waktu Karena

Salah satu unsur penting dalam peristiwa sejarah adalah waktu karena perjalanan hidup manusia tidak dapat dilepaskan dari waktu.

Kuisme sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Salah satu upaya penghematan energi listrik adalah beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Waktu merupakan elemen dan konsep penting dalam sejarah karena peristiwa sejarah berlangsung terus menerus dalam kehidupan manusia.

Ruang adalah tempat di mana berbagai peristiwa terjadi dari waktu ke waktu.

Unsur manusia, unsur ruang dan unsur waktu merupakan bagian penyusun dari setiap peristiwa sejarah. Setiap peristiwa sejarah pasti memiliki pelaku sejarah, tempat terjadinya, dan waktu terjadinya.

Dalam sejarah, waktu terjadinya peristiwa sejarah dipecah menjadi beberapa bab atau periode, dalam proses yang disebut periodisasi.

Periodisasi, atau kronologi, adalah proses mengklasifikasikan peristiwa dan waktu sejarah ke dalam bab atau periode tertentu. Faktor yang mendasari periodisasi ini biasanya adalah kesamaan yang dimiliki periode ini.

Misalnya, periode prasejarah atau periode pra-aksara ditandai dengan tidak adanya sistem penulisan dalam peradaban manusia.

Misalnya, periodisasi sejarah Indonesia ke dalam periode Hindu-Budha (abad ke-5 hingga ke-15 M), periode Islam (abad ke-12 hingga ke-16).

Periode penjajahan Belanda (1605 hingga 1942), periode penjajahan Jepang (1942). 1945), kemudian masa kemerdekaan (1945 sampai sekarang).