Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah Satu Upaya Penghematan Energi Listrik adalah

Salah Satu Upaya Penghematan Energi Listrik adalah

Salah Satu Upaya Penghematan Energi Listrik adalah

Salah satu upaya penghematan energi listrik adalah dengan seluruh instalasi listrik di rumah menggunakan rangkaian paralel, yaitu rangkaian listrik yang terdiri dari lebih dari satu jalur untuk melewatkan arus.

Kapandroid.com sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Samudra yang mengelilingi wilayah indonesia beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Menurut laporan Circuit Globe, arus yang mengalir di setiap komponen dalam rangkaian seri adalah sama. Namun, arus yang mengalir dalam komponen paralel berbeda.

Oleh karena itu, arus total pada sambungan paralel sama dengan hasil penjumlahan semua arus dalam komponen listrik.

Sebaliknya, jika arus listrik sama pada setiap baris komponen rangkaian, maka tegangan pada setiap komponen rangkaian paralel adalah sama.

Sedangkan tegangan masing-masing komponen dalam rangkaian seri bergantung pada hambatan dan arus.

Dalam sains, tegangan melintasi tegangan komponen rangkaian paralel dapat ditentukan oleh hukum Ohm.

Dalam rangkaian listrik, lebih dari satu komponen dengan hambatan yang berbeda biasanya digunakan.

Jumlah resistor dalam rangkaian seri diperoleh dengan menjumlahkan semua hambatan komponennya, sedangkan jumlah resistor dalam rangkaian paralel adalah 1 kali jumlah hambatan komponen dalam rangkaian, karena rangkaian paralel memiliki nilai yang sama.

Jika salah satu komponen rusak pada sambungan seri, maka seluruh rangkaian rusak. Karena sambungan seri hanya memiliki satu jalur listrik, maka pada saat terjadi gangguan arus tidak dapat lagi mengalir.

Berbeda dengan sambungan paralel dengan banyak tap, komponen pada jalur lain dapat tetap berfungsi jika salah satu komponen rusak.

Kerusakan pada sambungan seri sulit dideteksi karena kita harus mengecek satu persatu komponen mana yang rusak dan mana yang masih berfungsi

Sedangkan pada rangkaian paralel ada yang rusak, kita hanya perlu memeriksa jalur yang rusak.

Namun, koneksi paralel lebih mahal karena membutuhkan kabel yang lebih konduktif untuk membuat jalur listrik. Berbeda dengan koneksi seri, yang hanya membutuhkan satu kabel koneksi.