Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sangat Membantu, 8 Aplikasi Teknik Sipil yang Wajib Dimiliki

Sangat Membantu, 8 Aplikasi Teknik Sipil yang Wajib Dimiliki

Ada banyak aplikasi teknik sipil yang dapat mempermudah pekerjaan kita.

Setiap aplikasi memiliki fungsi dan kelebihan yang dapat digunakan penggunanya.

Anda mungkin juga tertarik dengan aplikasi teknik sipil yang dapat Anda gunakan selama studi atau pekerjaan Anda di masa depan.

Jika ya, maka Anda dapat menyimak beberapa lampiran yang telah kami rangkum di bawah ini.

Daftar Aplikasi Teknik Sipil

Berikut adalah beberapa aplikasi teknik sipil yang akan dibahas, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. AutoCAD

Aplikasi pertama adalah AutoCAD, dibuat oleh pengembang Autodesk. Aplikasi ini memiliki versi PC dan Android. Versi Android dapat diunduh dari Google Play Store.

Gunakan aplikasi ini untuk membuat gambar teknik, seperti gambar konstruksi, manufaktur, perakitan, dan gambar teknik lainnya.

AutoCAD juga dapat menampilkan model bangunan 3D. Sangat menarik bukan? Selain itu, juga mengintegrasikan banyak program lain, seperti ETABS, SAP2000 dan sebagainya.

2. SAP2000

Kemudian Anda dapat menggunakan SAP2000, perangkat lunak berbasis statika untuk menghitung bangunan, bendungan, atau jembatan.

SAP2000 memiliki fungsi yang kaya, jadi disarankan untuk menggunakannya untuk analisis arsitektur Seperti yang telah dibahas sebelumnya, SAP2000 juga terintegrasi dalam AutoCAD.

3. STAAD.Pro

Anda juga dapat mengandalkan STAAD.Pro untuk analisis struktural. Di bidang teknik, perangkat lunak Bentley banyak digunakan oleh banyak perusahaan EPC di industri minyak, gas, dan petrokimia.

Menganalisis contoh struktur seperti jalan layang, tempat berlabuh, dan tempat perlindungan.

STAAD.Pro di antara beberapa perusahaan EPC? Digunakan untuk platform atau analisis atas dalam konstruksi lepas pantai. Unduh STAAD.Pro sekarang? Temukan keterampilan luar biasa Anda.

4. HECRAS - Teknik Sipil

HECRAS (Sistem Analisis Sungai Pusat Rekayasa Hidrologi) adalah perangkat lunak populer yang banyak digunakan oleh banyak pengguna.

Khususnya mereka yang berspesialisasi dalam sektor air mungkin akrab dengan persyaratan Korps Insinyur Angkatan Darat AS (USACE).

HECRAS dapat mensimulasikan aliran sungai dan digunakan untuk menganalisis struktur air seperti waduk dan bendungan.

Aplikasi ini memiliki fungsi yang terdiri dari 4 komponen hidrolik satu dimensi, yaitu perhitungan profil muka air arus konstan, simulasi arus luar biasa, perhitungan angkutan sedimen dan analisis kualitas air.

5. ETABS - Gambar Bangunan

Aplikasi menarik lainnya adalah ETABS. Aplikasi yang diluncurkan oleh CSi ini lebih banyak digunakan untuk perhitungan struktur gedung bertingkat.

Dilengkapi dengan berbagai fungsi perhitungan statis, yang sangat cocok untuk perhitungan struktural gedung bertingkat.

6. AutoCAD Civil 3D - Gambar Rumah

Aplikasi teknik sipil selanjutnya adalah AutoCAD Civil 3D. Seperti yang kita ketahui bersama, AutoCAD Civil 3D merupakan evolusi dari AutoCAD, sehingga mirip dengan produk AutoDesk.

Namun, AutoCAD Civil 3D biasanya digunakan oleh pengguna yang bekerja di pertambangan, jaringan pipa, dll. Nantinya aplikasi ini sering digunakan untuk melengkapi marka saat merencanakan jalan.

7. 3D Max

Apakah Anda ingin mempelajari aplikasi lain dalam arsitektur? Anda dapat mencoba 3D Max. Software ini sebelumnya tidak bernama 3D Max, melainkan 3D Studio.

Dalam hal ini fungsinya tetap sama yaitu pembuatan animasi desain 3D. Ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat simulasi video gerak untuk menerangi desain yang mereka buat.

8. SketchUp

Aplikasi SketchUp ini memungkinkan pengguna untuk mendesain objek 3D dengan cepat, mudah dan aman.

Selain nyaman dan cepat digunakan, juga banyak digunakan oleh banyak pengguna, terutama di bidang arsitektur dan desain grafis.

Berikut adalah beberapa aplikasi build yang dapat Anda gunakan di PC dan Android untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan Anda.