Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Secara Etimologis Kata Diakronik Diambil dari Bahasa

Secara Etimologis Kata Diakronik Diambil dari Bahasa

Secara Etimologis Kata Diakronik Diambil dari Bahasa

Secara etimologis kata diakronik diambil dari bahasa Yunani yaitu "Dia" yang artinya melalui atau melampaui dan "Chronicus" yang berati waktu.

Kapandroid.com sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa disebut beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Pengertian berpikir diakronis adalah kemampuan untuk memahami peristiwa dengan mengikuti masa lalu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diakronis mengacu pada pendekatan bahasa yang mempertimbangkan perkembangan dari waktu ke waktu atau bersifat historis.

Mengutip buku Wahyu Iryana Historiografi Barat (2014), diakronis memanjang dalam waktu, tetapi menyempit dalam ruang. Berpikir diakronis adalah berpikir kronologis atau berurutan.

Kronologi adalah catatan peristiwa yang disusun menurut peristiwa.

Peristiwa sejarah dapat membantu untuk merekonstruksi suatu peristiwa berdasarkan urutan kronologis yang tepat, atau untuk membandingkan peristiwa sejarah di berbagai lokasi terkait peristiwa pada waktu yang sama.

ejarah adalah ilmu diakronis yang menekankan proses. Gunakan pendekatan diakronis ketika berbicara tentang sejarah.Karena melalui pendekatan ini, cerita dari waktu ke waktu mencoba menganalisis perkembangan atau perubahan sesuatu.

Dengan cara ini, sejarawan dapat mengandaikan mengapa keadaan tertentu muncul dari keadaan sebelumnya, atau mengapa keadaan tertentu berkembang atau berlanjut.

Misalnya, Anda sudah familiar dengan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Ini menelusuri perjuangan rakyat Indonesia pada masa penjajahan di abad ke-17. Jadi pola pikir diakronis sangat memperhatikan jalannya suatu peristiwa.

Ada beberapa ciri dalam konsep berpikir diakronis, yaitu bersifat vertikal. Lebih menekankan pada proses yang sedang berlangsung. Cakupan kajian atau pembahasannya lebih luas. Mengurai diskusi tentang suatu peristiwa. Mengevaluasi waktu satu acara dengan yang lain.Terdapat konsep perbandingan.