Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Segala Sesuatu yang Menempati Ruang dan Memiliki Massa Disebut

Segala Sesuatu yang Menempati Ruang dan Memiliki Massa Disebut
"

Segala Sesuatu yang Menempati Ruang dan Memiliki Massa Disebut

Segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki / mempunyai massa disebut materi. Materi adalah setiap objek atau bahan yang membutuhkan ruang yang jumlahnya diukur oleh suatu sifat yang disebut massa.

Kapandroid.com sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Berbuat baik kepada kedua orang tua dalam agama islam disebut dengan beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Secara umum, materi dapat juga didefinisikan sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati volume.

Mengutip Kemdikbud RI, alam semesta terdiri atas planet-planet, salah satunya adalah Bumi yang menjadi tempat tinggal manusia. Terdapat gunung, udara, laut dan lain-lain di Bumi.

Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini tersusun atas materi. Terdapat jutaan materi yang menempati alam semesta. Ada planet, bintang, udara, lautan dan lainnya.

Materi di alam semesta sangat beragam, yang terdiri atas unsur air, udara, tanah dan api. Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati sebuah ruang.

Para ilmuwan melakukan klasifikasi materi bertujuan agar lebih mudah dipelajari dan disusun secara sistematis.

Berdasarkan wujudnya, materi dapat dikelompokkan menjadi zat padat (solid), zat cair (liquid), dan zat gas.

Contoh wujud zat yang sederhana dan mudah dipahami adalah air. Saat dalam bentuk bongkahan es disebut dalam wujud padat. Saat es dipanaskan dan mencair maka akan berubah kembali menjadi air.

Kemudian saat air dipanaskan pada suhu 100 derajat Celcius, air akan berubah menjadi uap air. Uap air merupakan air dalam wujud gas.

Jadi, materi dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu: zat padat, zat cair, dan zat gas.

Menurut KBBI, zat padat adalah bahan dalam bentuk keras, bentuknya tetap tidak berubah. Contoh zat padat adalah beberapa jenis logam seperti besi, emas, dan seng.

Ciri-ciri zat padat adalah Mempunyai bentuk dan volume tertentu. Jarak antarpartikel zat padat sangat rapat. Partikel-partikel zat padat tidak dapat bergerak bebas.

Menurut KBBI, zat cair adalah bahan dalam bentuk yang mudah mengalir dan mencari tempat terendah, bisa dianggap sebagai bentuk antara (antara bentuk padat dan gas). Contoh zat cair adalah air, minyak goreng, bensin.

Menurut KBBI, gas adalah zat ringan yang sifatnya seperti udara (dalam suhu biasa tidak menjadi cair). Contoh zat gas adalah udara, asap, uap air.

Ciri-ciri zat cair adalah Mempunyai volume tertentu, tetapi tidak mempunyai bentuk tetap, bergantung pada media yang digunakan. Jarak antarpartikel zat cair lebih renggang. Partikel-partikel zat cair dapat bergerak bebas namun terbatas.

"