Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur teks laporan hasil observasi adalah definisi umum (pernyataan umum), deskripsi bagian (deskripsi), deskripsi manfaat (kesimpulan).

Kapandroid.com sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Struktur teks pidato persuasif beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Pernyataan umum adalah bagian yang menganalisis informasi tentang suatu objek. Informasi tersebut dapat berupa informasi umum atau informasi tambahan tentang objek yang diamati.

Penjelasan atau deskripsi adalah bagian yang memberikan rincian yang lebih mendalam tentang objek yang diamati.

Kesimpulan adalah bagian yang memberikan ringkasan umum dari objek yang diamati.

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang digunakan untuk melaporkan suatu objek yang diamati.

Pengamatan dilakukan dengan mendatangi lokasi untuk melihat informasi apa saja yang tersedia.

Teks dalam laporan observasi ini digunakan untuk mengatasi suatu masalah, melakukan penyelidikan, melakukan pengamatan, dan memantau serta menemukan suatu perkembangan masalah.

Teks laporan hasil observasi bersifat informatif, komunikatif dan objektif. Teks laporan observasi harus menjelaskan informasi yang jelas dengan menyajikan fakta-fakta sesuai dengan objek yang diamati

Teks laporan observasi dibagi menjadi dua jenis yaitu formal dan nonformal Teks laporan observasi formal memiliki aturan dan struktur yang seragam ketika disusun.

Umumnya teks jenis ini digunakan untuk laporan berita, laporan hasil ujian, dan laporan resmi lainnya.

Sementara itu, teks berita acara observasi nonformal sedang dikembangkan dengan struktur dan aturan yang lebih sederhana, dengan tujuan untuk memberikan informasi yang mudah dan menarik untuk dibaca.