Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sultan Demak Bintoro yang Pertama adalah

Sultan Demak Bintoro yang Pertama adalah

Sultan Demak Bintoro yang Pertama adalah

Sultan demak bintoro yang pertama adalah Raden patah. Berdasarkan bukti sejarah, Raden Fatah merupakan Sultan Kerajaan Islam Pertama di Kasultanan Demak Bintoro.

Raden patah berkuasa pada 1482 hingga 1515. Raden Fatah adalah anak dari Prabu Brawijaya V dengan ibu dari Putri Champa.

Arekolog UGM, Prof DR Inajati Adrisijanti mengungkapkan, bukti bukti artefak dan peninggalan Kasultanan Demak Bintoro menunjukkan bahwa kerajaan Islam tersebut tidak hanya bernafaskan Islam saja, namun juga mengusung beragam kearifan lokal didalamnya.

Kapandroid.com sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Sumber hukum kedua dalam menetapkan hukum setelah al quran adalah beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Fakta demikian telah menginspirasi kerajaan kecil lainnya yang berada dibawah kekuasaannya. Menurutnya, dilihat dari tata kota Demak yang khas, kata Inajati, telah menjadi panduan bagi kota lain di Jawa bahkan diluar Jawa.

Antara lain ditandai dengan simbol Alun alun ditengah kota dengan ciri khas bangunan Masjid disebelah barat Alun alun.

Demikian pula, suasana perkampungan sekitar yang juga menunjukkan ciri khas berbeda dengan tatanan kota dinegara luar manapun.

“Ada Alun alun. Ada masjid. Ada pasar dan perkampungan dengan nama nama tertentu,” katanya.