Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tangga Nada Musik Daerah Nusantara Didominasi Tangga Nada

Tangga Nada Musik Daerah Nusantara Didominasi Tangga Nada

Tangga Nada Musik Daerah Nusantara Didominasi Tangga Nada

Tangga nada musik daerah nusantara didominasi tangga nada pentatonis. Tangga nada pentatonis merupakan tangga nada lima nada. Tangga nada ini memiliki jenis lima nada yang berbeda.

Tangga nada pentatonis dianggap mewakili tahapan awal perkembangan musik. Karena hampir bisa ditemukan di sebagian musik dunia.

Diperkirakan jika tangga nada pentatonik telah ada dan digunakan semenjak zaman Yunani Kuno. Saat itu tangga nada ini digunakan untuk mengatur Kithara Yunani atau kecapi.

Kapandroid.com sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Tangga nada musik yang ada di daerah nusantara didominasi tangga nada beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Tidak hanya itu, sejumlah nyanyian Gregorian pada masa awal juga menggunakan tangga nada pentatonis dalam musiknya.

Jenis tangga nada ini bisa digunakan dengan alat musik modern dan tradisional. Biasanya gamelan menggunakan tangga nada pentatonis.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tangga nada pentatonis dibagi menjadi dua jenis, yakni:

Tangga nada pelog, memiliki karakteristik musik yang bersifat menenangkan dan hormat. Tangga nada pelog hanya memiliki lima nada primer, yakni do, mi, fa, sol, si. Tangga nada ini memiliki perbedaan jarak interval yang besar.

Tangga nada slendro, memiliki karakteristik musik yang bersifat menyenangkan dan lincah. Tangga nada slendro memiliki lima nada primer, yakni do, re, mi, sol, la. Tangga nada ini memiliki perbedaan jarak interval yang kecil.