Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tari Tarian Daerah Pada Saat Ini Beralih Fungsi Untuk Acara

Tari Tarian Daerah Pada Saat Ini Beralih Fungsi Untuk Acara

Tari Tarian Daerah Pada Saat Ini Beralih Fungsi Untuk Acara

Tari-tarian daerah pada saat ini beralih fungsi untuk acara penyambutan tamu, selain itu tari-tarian daerah juga mempunyai fungsi sebagai upacara ritual adat, penobatan, kematian, dan acara penting lainnya.

Salah satu bentuk kecintaan budaya adalah memahami fungsi dan peran tari dalam kehidupan.

Fungsi dan fungsi seni tari saling melengkapi.Seni tari masyarakat Indonesia sangat erat, yang dapat dilihat dalam pertunjukan tari setiap acara.

Kapandroid.com sangat menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Tekanan yang harus diberikan dalam senam irama adalah beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Sedyavati dikutip dalam buku Pengetahuan Elementer Tari (1986) bahwa tari merupakan salah satu bentuk ekspresi budaya, sehingga sifat, corak dan fungsi tari tidak selalu dapat dipisahkan dari budaya yang dihasilkannya.

Dalam kajian teoritis Tari Jazuli (1994), dikenalkan fungsi-fungsi tari sebagai berikut:

Tari sebagai metode ritual

Fungsi tari di sini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Fungsi dalam bidang religi. Upacara ini menggunakan tarian dalam prosesi keagamaan. Tarian ini terdapat dalam adat Bali. Tarian dalam upacara keagamaan Bali biasanya masih dilakukan di pura dan digunakan sebagai bentuk pertunjukan tari.

2. Fungsi-fungsi dalam ritual adat yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat yang normal terhadap lingkungan.

3. Fungsi penyelenggaraan upacara adat yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan manusia, seperti kelahiran, perkawinan, penobatan, dan kematian.

Tari sebagai hiburan

Hiburan lebih terfokus pada kepuasan, bukan pada tujuan yang lebih dalam, seperti memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari apa yang Anda lihat.

Oleh karena itu, tarian yang spektakuler dapat dikaitkan dengan tarian ringan.

Bagi para penari, ini bisa menjadi arah jiwa atau kenikmatan seni, seperti mengadakan pesta atau merayakan hari penting atau ulang tahun.

Tari sebagai pertunjukkan dan tontonan

Tari sebagai tontonan ingin menunjukkan apa yang dianggap seni untuk menarik perhatian, memuaskan dan mengesankan.

Ini akan membawa perubahan dan pengetahuan baru bagi setiap orang yang melihatnya.

Tari sebagai pendidikan

Tari sebagai bentuk pendidikan seni mencakup sikap estetis (keindahan), yang berguna untuk mendidik manusia yang fokus pada masyarakat, budaya, dan hubungan dengan Tuhan.

\