Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Kelamin Jantan Pada Tumbuhan Disebut

Kapandroid.com - Postingan pertanyaan "Alat kelamin jantan pada tumbuhan disebut" beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

alat kelamin jantan pada tumbuhan disebut

alat kelamin jantan pada tumbuhan disebut

Alat kelamin jantan pada tumbuhan disebut benang sari atau stamen, yang merupakan organ reproduksi jantan pada bunga. Setiap benang sari umumnya terdiri dari tangkai sari atau filamen dan pada ujung tangkai sari, kepala sari atau anter.

Anter biasanya terdiri dari empat kotak sari, disebut mikrosporangia. Perkembangan mikrosporangia dan spora haploid yang terkandung di dalamnya (yaitu serbuk sari) mirip dengan mikrosporangia pada tumbuhan gimnosperma seperti pinus dan lumut.

Serbuk sari dilepaskan dari anter, lalu jatuh, atau terbawa oleh agen eksternal — angin, air, atau hewan — ke putik bunga yang sama maupun bunga lain sehingga terjadi penyerbukan.

Benang sari merupakan alat perkembangbiakan jantan. Bagian-bagian benang sari meliputi tangkai sari (filamen) dan kepala sari (anthera). Kepala sari terdiri dari 4 kantong sari (lokulus).

Fungsi dari benang sari sebagai proses perkembangbiakan dan penghasil serbuk sari yang menghasilkan gamet jantan pada tumbuhan.

Serbuk sari terbentuk di dalam kantong sari dan jik telah masak, kepala sari pecah dan serbuk sari keluar.

Pertanyaan alat kelamin jantan pada tumbuhan disebut kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan alat kelamin jantan pada tumbuhan disebut yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan alat kelamin jantan pada tumbuhan disebut melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan alat kelamin jantan pada tumbuhan disebut yang kami berikan.

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.