Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Dimaksud dengan Desentralisasi Pemerintahan

Kapandroid.com - Postingan pertanyaan "Apa yang dimaksud dengan desentralisasi pemerintahan" beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Apa yang Dimaksud dengan Desentralisasi Pemerintahan

Apa yang Dimaksud dengan Desentralisasi Pemerintahan

Yang dimaksud dengan desentralisasi pemerintahan adalah penyerahan urusan pemerintah dari pemerintah atau daerah tingkat atasanya kepada daerah menjadi urusan rumah tangganya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), desentralisasi adalah sistem pemerintahan yang lebih banyak memberikan kekuasaan kepada pemerintah daerah.

Secara etimologis, istilah desentralisasi berasal dari Bahasa Belanda, yaitu "de" yang berarti "lepas", dan "centerum" yang berarti pusat.

Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang pokok pemerintahan di Daerah, desentralisasi adalah penyerahan urusan pemerintah dari pemerintah atau daerah tingkat atasanya kepada daerah menjadi urusan rumah tangganya.

Dalam sistem desentralisasi, pemerintah pusat memberikan wewenang kepada pemerintah daerah untuk menyelenggarakan pembangunan.

Pertanyaan apa yang dimaksud dengan desentralisasi pemerintahan kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan apa yang dimaksud dengan desentralisasi pemerintahan yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan apa yang dimaksud dengan desentralisasi pemerintahan melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan apa yang dimaksud dengan desentralisasi pemerintahan yang kami berikan.

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.