Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Tujuan Gajah Mada Mengucapkan Sumpah Palapa

Kapandroid.com - Postingan pertanyaan "Apa tujuan gajah mada mengucapkan sumpah palapa" beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Apa Tujuan Gajah Mada Mengucapkan Sumpah Palapa

Apa Tujuan Gajah Mada Mengucapkan Sumpah Palapa

Tujuan gajah mada mengucapkan sumpah palapa adalah sebagai ikrar dari kesungguhannya mempersatukan nusantara (pulau-pulau di luar Jawa) agar tunduk dalam kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Dengan kata lain tujuan Gajah Mada mengucapkan sumpah Palapa adalah untuk menyatukan Nusantara.

Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit.

Saat remaja, ia merupakan seorang pemuda yang mempunyai keahlian bela diri yang sangat hebat serta berilmu tinggi. Pada usia 19 tahun, Gajah Mada berhasil menyelamatkan rajanya, Prabu Jayanegara.

Oleh karena kecakapannya, pada tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Dua tahun kemudian, ia diangkat sebagai Patih Kediri.

Pada tahun 1329, Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan dirinya.

Gajah Mada menolak penunjukan itu karena ingin membuktikan pengabdiannya terlebih dahulu kepada Kerajaan Majapahit, yaitu menghentikan pemberontakan Keta dan Sadeng.

GajahMada akhirnya diangkat sebagai Patih Majapahit pada tahun 1334, setelah berhasil menaklukkan Keta dan Sadeng.

Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yaitu janji bahwa ia tidak akan memakan buah palapa, sejenis rempah-rempah, bila belum berhasil menguasai pulau-pulau di Nusantara.

Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya.

Dari Kitab Negarakertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan Majapahit hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang, bahkan pengaruh Kerajaan Majapahit sampai ke negara-negara tetangga.

Pertanyaan apa tujuan gajah mada mengucapkan sumpah palapa kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan apa tujuan gajah mada mengucapkan sumpah palapa yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan apa tujuan gajah mada mengucapkan sumpah palapa melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan apa tujuan gajah mada mengucapkan sumpah palapa yang kami berikan.

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.