Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dengan Suara Terbanyak Dilantik Oleh

Kapandroid.com - Postingan pertanyaan "Calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dengan suara terbanyak dilantik oleh" beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dengan Suara Terbanyak Dilantik Oleh

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dengan Suara Terbanyak Dilantik Oleh

Calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dengan suara terbanyak dilantik oleh presiden. Gubernur adalah jabatan politik dan administrasi yang mengacu kepada kepala eksekutif dari suatu provinsi.

Di negara kesatuan seperti Indonesia, Tiongkok dan Pakistan, Gubernur merupakan kepala daerah untuk wilayah tingkat provinsi.

Di negara federasi seperti Amerika Serikat, Brasil dan India, gubernur merupakan kepala eksekutif tertinggi dari suatu negara bagian.

Gubernur dipilih bersama wakilnya dalam satu paket pasangan yang dipilih secara langsung oleh rakyat di provinsi setempat untuk masa jabatan 5 tahun, sehingga dalam hal ini gubernur bertanggung jawab kepada rakyat.

Gubernur terpilih kemudian dilantik oleh Presiden, dan dapat juga dilantik oleh Mendagri atas nama Presiden. Selain itu, gubernur juga berkedudukan sebagai wakil pemerintah pusat di wilayah provinsi bersangkutan.

Sehingga dalam hal ini, gubernur bertanggung jawab kepada presiden. Dan kewenangan gubernur diatur dalam UU No 32 Tahun 2004 dan PP No 19 Tahun 2010.

Pada dasarnya, gubernur memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD provinsi.

Gubernur bukanlah atasan bupati atau wali kota, tetapi hanya sebatas membina, mengawasi, dan mengkoordinasi penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota.

Hubungan pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota bukan subordinat (wilayah bawahan), di mana masing-masing pemerintahan daerah tersebut mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.

Hal tersebut berupa penyerahan wewenang kepada daerah untuk menyelenggarakan otonomi daerah.

Pertanyaan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dengan suara terbanyak dilantik oleh kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dengan suara terbanyak dilantik oleh yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dengan suara terbanyak dilantik oleh melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dengan suara terbanyak dilantik oleh yang kami berikan.

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.