Unsur-Unsur Senam Irama

unsur-unsur senam irama
Gambar : Senam Irama

Kapandroid.com - Di sini kemudian ada pertandingan di tingkat internasional. Pertandingan pribadi pertama diadakan di Budapest pada tahun 1963. Kemudian pertandingan baris atau grup dimulai di Denmark pada tahun 1967.

Kemudian pada tahun 1984 kompetisi dengan grup pribadi memasuki Olimpiade di Los Angeles. Sedangkan kompetisi pada baris atau grup baru dimulai pada tahun 1996 di Olimpiade Atlanta.

Beberapa Unsur Senam Irama

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, senam ritmik memiliki beberapa komponen. Ini adalah itemnya:

1. Kecantikan

Sebagai pesenam yang menggunakan alat pukul, gerakan senam ini memiliki unsur keindahan. Dimana latihan ini berasal dari area atraksi, sehingga unsur keindahan gerakan menjadi point utama dari senam ritmik.

2. Keterampilan

Komponen kedua dari latihan ini adalah keterampilan. Dalam senam ritmik, salah satu nilai yang terkandung di dalamnya adalah kreativitas atau keterampilan dalam menggerakan tubuh dan membuat koreografi. Jika senam ini akan dilombakan, nilai yang dihitung biasanya sebagian besar berasal dari keterampilan motorik. Semakin fleksibel dan variatif gerakan yang dilakukan, akan semakin tinggi pula nilainya.

3. Ketangkasan

Lalu ada fleksibilitas, di mana elemen ini merupakan tanda seberapa baik seseorang melakukan senam. Karena kelenturan dapat terbentuk dari langkah-langkah koreografi dan latihan secara teratur. Selain kelenturan yang dihasilkan oleh gerakan tubuh, kelenturan diperoleh dari gerakan lain.

4. Fleksibilitas

Elemen keempat adalah fleksibilitas, yang merupakan poin kuncinya. Karena senam ritmik erat kaitannya dengan balet dan akrobat, gerakannya harus fleksibel. Selain itu, Anda berdua harus mengikuti gerakan tubuh secara umum menggunakan sendi dan lekuk tubuh yang ekstrem.

5. Kapasitas

Setiap latihan membutuhkan energi. Saat melakukan latihan ini, Anda juga harus kuat. Kemampuan diperlukan saat melakukan berbagai gerakan senam ritmik. Tanpa kemampuan, suatu gerakan senam tentu tidak akan ada artinya.

6. Saldo

Lalu ada unsur keseimbangan saat melakukan senam ritmik. Elemen ini terutama digunakan saat melakukan koreografi yang sangat sulit. Gerakan senam yang sulit membutuhkan keseimbangan, seperti memutar tubuh dengan satu kaki atau menangkap bola.

7. Perkusi yang tepat

Komponen terakhir dari senam ritmik adalah ketepatan setiap gerakan dengan ritme. Karena latihan ini tidak hanya berdasarkan menghitung impuls. Pesenam ritmik juga diharuskan menghitung waktu kapan instrumen harus dilempar dan diamankan. Selain itu, setiap gerakan juga harus sesuai dengan irama musik yang dimainkan.

Manfaat Senam Irama

Unsur-Unsur Senam Irama
Gambar : Senam Irama

Senam ritmik adalah salah satu jenis senam aerobik yang paling populer. Dan karena termasuk dalam daftar olahraga, maka tidak heran jika olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya dapat membakar lemak tubuh yang berlebih. Setiap komponen gerakan senam seperti kelenturan dan keseimbangan harus dilakukan sesuai dengan musik pengiring yang digunakan.

Baca Juga Artikel Ini :

Jadi sebenarnya olahraga ini bisa disebut kebalikan dari olahraga berat seperti bersepeda, berenang atau jogging. Olahraga membutuhkan kapasitas paru-paru dan jantung. Namun meski senam ritmik tidak membutuhkan keduanya, ternyata banyak manfaat kesehatan bagi tubuh yang berolahraga. Berikut beberapa manfaat dari senam ritmik ini:

1. Keseimbangan latihan

Keseimbangan merupakan salah satu elemen terpenting dalam senam. Dengan menggunakan item berikut, Anda juga dapat melatih keseimbangan dalam tubuh. Sehingga dapat membantu menjaga bentuk tubuh dan mengurangi resiko terjadinya fleksi tulang belakang.

2. Tambahkan kapasitas otot

Jika Anda lebih sering melakukan senam ritmik, maka jaringan otot tubuh akan lebih kuat dan elastis. Karena ada beberapa gerakan mudah yang bisa dilakukan saat senam. Itu pasti membuat tubuh mendapatkan lebih banyak gerakan.

Selain itu, semakin lama latihan, semakin nyaman untuk menggerakkan otot. Jadi dengan senam ritmik, Anda memiliki peluang untuk mengalami cedera fisik ketika Anda harus melakukan banyak aktivitas atau gerakan fisik dalam aktivitas sehari-hari.

3. Memaksimalkan peran otak

Manfaat ketiga dari latihan ini adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Karena saat latihan berlangsung akan ada ritme yang perlu diperhatikan. Musik berirama dianggap menurunkan hormon yang dapat menyebabkan depresi, seperti kortisol dan epinefrin. Kedua hormon tersebut nantinya bisa menjadi antidepresan berupa norepinefrin.

4. Bantuan kesehatan mental

Empat manfaat yang bisa didapat adalah kesehatan mental. Menurut sebuah penelitian, anak-anak yang berlatih senam ritmik dapat memiliki kemampuan pemecahan masalah dan konsentrasi yang lebih baik. Sehingga nilai akademik anak meningkat. Apalagi untuk orang dewasa, senam ritmik dipercaya mampu meredakan depresi dan menjaga kesehatan mental mereka

Sumber : https://detiks-kompas.blogspot.com/2022/04/Senam-Irama%20Adalah.html

Lebih baru Lebih lama