Jenis-Jenis Investasi Menurut Para Ahli, Ini Penjelasannya

Jenis-Jenis Investasi

Investasi makin jadi bintang dilapisan beberapa angkatan millenial sekarang ini. Ditambah lagi bermacam program online yang membuat akses investasi lebih gampang.

Hingga membuat pecinta investasi saham, emas dan reksa dana online makin tinggi. Walau sekarang ini ada banyak orang yang lakukan investasi karena sudah sadar keutamaan investasi untuk keuangan yang sehat.

Baca Juga Artikel Ini :

Tetapi rupanya ada banyak orang yang bermain investasi dengan sekadar menanam uang, tanpa pahami dengan benar arah dari investasi, resiko dan taktiknya dan pada akhirnya malah ke arah ke rugi.

Nach, buat kamu yang betul-betul ingin melakukan investasi secara betul. Yok kita awali kembali dari hal yang paling fundamental berkenaan investasi tersebut.

Pengertian Investasi

Hal paling fundamental yang penting dipahami pertama ialah apakah itu investasi. Investasi adalah aktivitas penanaman modal.

Secara singkat investasi ialah kegiatan tempatkan modal baik berbentuk uang atau asset bernilai yang lain ke satu benda, instansi, atau satu faksi dengan keinginan pemodal atau investor nantinya akan memperoleh keuntungan sesudah periode waktu tertentu.

Investasi adalah langkah untuk melipat gandakan harta yang kamu punyai tanpa perlu lakukan usaha yang lebih. Jadi dengan melakukan investasi kamu perlu memberikan modal dan menanti dana kamu berkembang biak.

Manfaat Investasi Untuk Pemula

Secara umum, investor yang manfaatkan investasi yang dipakainya untuk capai arah tertentu salah satunya :

- Mendapat imbah hasil/keuntungan

- Untuk meningkatkan usaha

- Agunan dalam menjalankan bisnis

- Membuat perlindungan keuangan dari inflasi

- Penyiapan untuk dana/pengeluaran tertentu di masa datang

Investasi umumnya dipakai sebagai sisi dari rencana keuangan untuk periode panjang, sebagaimana untuk modal usaha, membeli rumah, ongkos menikah dan dana pensiun atau dapat dikatakan sebagai investasi periode panjang.

Walau juga bisa untuk periode pendek seperti dana untuk berlibur atau beli keperluan atau barang yang diharapkan atau dapat disebutkan dengan investasi periode pendek.

Jenis-Jenis Investasi Menurut Para Ahli

Buat kamu yang ingin coba melakukan investasi, sebaiknya untuk cari tahu investasi jenis apa yang paling populer, karena makin terkenal sebuah investasi umumnya makin besar juga keuntungan yang didapatkan karena kekuatannya yang tinggi untuk berkembang dan tinggi pecinta.

Menurut Dewi dan Vijaya ( 2018 : 3 ), Berikut jenis-jenis investasi yang terkenal di Indonesia dan dapat kamu coba :

1. Investasi Leher Keatas

Secara arti dan terminologi, investasi leher keatas ialah sebuah istilah yang mengatakan jika aktivitas yang sudah dilakukan lewat organ badan manusia dengan memercayakan mekanisme kerja otak.

2. Investasi Saham

Sekarang ini, investasi saham jadi instrument terpopuler bukan hanya di Indonesia tetapi juga di beberapa negara yang lain. Dengan beli dan jual saham dengan tepat, kamu dapat mempunyai potensi memperoleh keuntungan berulang-kali lipat dari modal awalnya kamu.

Bahkan juga dapat disebutkan, saham sekarang ini jadi salah satu instrument investasi yang dapat beri keuntungan tertinggi dari jenis investasi yang lain.

Tetapi, bermain saham tidak sesimpel membeli dan jual saham saja. Ada taktik dan management yang bagus di dalamnya supaya bisa meminimalkan resiko dan mengoptimalkan keuntungan.

3. Investasi Emas

Emas dan logam mulia sebagai salah satunya instrument investasi yang populer di kelompok masyarakat Indonesia sejak dahulu sampai sekarang.

Investasi ini pas untuk Anda yang ingin mempunyai investasi periode panjang yang condong aman karena harga emas dan logam mulia akan naik terus.

Investasi emas bisa juga disebutkan sebagai investasi bermodal yang murah, bila melakukan lewat cara online dan memakai mekanisme menabung emas. Kamu dapat menabung emas diawali dari beberapa puluh ribu sampai beberapa ratus ribu rupiah.

4. Obligasi

Obligasi ialah surat hutang periode menengah atau panjang yang bisa dipindahkantangankan. Surat hutang ini berisikan janji dari faksi penerbit untuk bayar imbalan berbentuk bunga pada masa tertentu dan membayar hutang dasar pada saat yang telah ditetapkan ke pemegang obligasi. Imbalan bunga yang terterima oleh pemegang obligasi ialah coupon.

Obligasi ialah investasi yang pas dicoba bila kamu inginkan investasi yang aman dan ditanggung oleh pemerintahan. Karena resiko berlangsungnya tidak berhasil bayar pada investasi obligasi cukup kurang.

5. Deposito Berjangka

Deposito berjangka mempunyai bunga yang semakin tinggi jika dibanding dengan tabungan umumnya. Disamping itu, deposito berjangka mempunyai tanggal jatuh termin yang terang, umumnya 3 - 12 bulan.

Walau keuntungan yang didapatkan dari investasi ini tidak sebesar saham, reksadana dan emas. Tetapi deposito berjangka sebagai investasi yang tahan inflasi dan tentu saja keamanannya benar-benar ditanggung oleh faksi bank.

Pokoknya bila ingin melakukan investasi deposito berjangka bila ingin untung semakin besar, maknanya kamu makin besar juga nominal uang yang dimasukkan sebagai deposito.

6. Investasi Property

Bila kamu mempunyai modal yang lumayan besar dimulai dari beberapa ratus juta. Kamu langsung bisa melakukan investasi property sekaligus. Sama seperti yang dijumpai, tanah dan bangunan sebagai investasi periode panjang yang paling prospektif. Nilai property yang tetap bertambah dari tahun ke tahun capai 15-20% pasti benar-benar menarik, kan? Ditambah lagi jika lokasinya vital.

Investasi properti dikenal juga sebagai investasi kurang resiko dan agunan untung yang tinggi. Karena properti sebagai keperluan dasar dari beberapa orang, jadi mustahil tidak ada property yang tidak terjual.

Dalam melakukan investasi properti kamu tidak harus tempatinya, kamu dapat bisa sewakan property itu, dan masih tetap hasilkan walau ditinggalkan tidur.

7. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link atau asuransi yang berbasiskan investasi ini sebagai penyatuan dari 2 produk, yaitu asuransi dan dana urusan seperti reksa dana.

Biasanya, premi yang hendak Anda bayarkan dikonversikan berbentuk unit. Uni berikut yang hendak dipisah jadi 2 jenis, yaitu untuk bayar ongkos asuransi dan untuk diinvestasikan . Maka premi yang dibayar umumnya semakin tinggi dari produk investasi yang lain.

Investasi unit link pas buat kamu yang bukan hanya ingin melakukan investasi tetapi bisa juga memperoleh keuntungan Asuransi. Baik itu Asuransi membuat perlindungan kesehatan fisik dan jiwa dan beragam hal tidak tersangka yang dapat terjadi di masa datang.

8. Peer to Peer Lending

Walau masih termasuk baru, tetapi pecinta dari investasi ini cukup banyak lho. Ini karena sudah banyak beberapa perusahaan berbasiskan financial technology lending yang jalankan mode usaha ini. Dalam peer to peer lending, pada intinya Anda pinjamkan beberapa uang pada pihak yang memerlukan, baik pribadi atau tubuh usaha.

Dengan investasi P2P Lending, karena itu investor akan terima pengembalian dasar utang dan bunga atas utang itu. Itu mengapa investasi P2P Lending jadi instrumen favorite terkini karena keringanan dan keuntungannya.

Keuntungan dari melakukan investasi P2P Lending sendiri dapat capai 12-16 % /tahun. Tetapi janganlah lupa untuk cuma melakukan investasi P2P Lending di perusahaan utang online yang bersertifikasi dan dipantau oleh OJK (Kewenangan Jasa Keuangan).

9. Investasi Reksadana

Reksadana ialah jenis investasi yang dapat disebutkan terbaik untuk beberapa pemula yang ingin belajar melakukan investasi, tetapi masih tetap terbebas dari resiko tinggi dan hasilkan cuan.

Banyak beberapa perusahaan yang sediakan investasi reksa dana tawarkan modal awalnya dengan ongkos yang paling rendah dimulai dari Rp10.000 - Rp100.000 ribu saja. Disamping itu, kamu tak perlu mengawasi setiap waktu karena dana yang kamu mengeluarkan telah diatur oleh manager investasi.

Buka Juga :

Lebih baru Lebih lama