Mengenal Profil Negara-Negara ASEAN Saat Ini

 Mengenal Profil Negara-Negara ASEAN Saat Ini

Ada berapakah negara ASEAN ? Kamu pasti sudah mengetahui jawabnya jika ada pertanyaan seumpama ASEAN ada berapakah negara. Iya, tidak. Eh tetapi, apalagi yang Sahabat kenali mengenai beberapa negara ASEAN ? Berapakah jumlah negara ASEAN saja. Nach, baca keterangan admin di bawah ini.

ASEAN atau ( Association of Southeast Asian Nations) Sebagai perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Ini sebagai organisasi internasional salah satu di teritori Asia Tenggara. Saat ini, organisasi ini mempunyai 10 negara anggota.

Baca Juga Artikel Ini :

Nach, untuk negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu terletak di wilayah semenanjung pasifik. Luas daerah semua negara di Asia Tenggara jika dikombinasi akan capai 4,lima juta km persegi. Ini sama dengan 3 % jumlah keseluruhnya dari luas dataran di bumi.

Terbentuknya ASEAN

Riwayat berdirinya ASEAN berawal di tahun 1960an. Pada periode itu, teritori Asia Tenggara cukup riskan karena konflik antara negara, seperti Vietnam dengan Kamboja atau Malaysia dengan Indonesia. Dalam pada itu, beberapa negara besar terus-menerus berebutan dampak ideologinya masing-masing.

Perselisihan yang terus menghangat dicemaskan bisa menghalangi pembangunan tiap negara dan mengganggu kestabilan keamanan teritori Asia Tenggara. Sampai pada akhirannya beberapa negara bermufakat untuk melangsungkan tatap muka di Bangkok.

Ini sebagai pertanda berdirinya ASEAN yaitu, lewat Maklumat Bangkok. ASEAN dibangun di tanggal 8 Agustus 1967 oleh 5 negara pendiri ASEAN, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Filipina.

Baca Juga :

Selanjutnya, anggota negara ASEAN semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Beruntun Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja susul jadi anggota, hingga jumlah negara ASEAN sekarang ini capai 10 anggota.

Negara-Negara Anggota ASEAN

Sesuai kepanjangan ASEAN, Association of Southeast Asian Nations, organisasi ini menampung beberapa negara di teritori Asia Tenggara. Berikut profile negara ASEAN secara lengkap.

1. Singapura

Singapura terletak di puncak Semenanjung Malaya, terpisah oleh Selat Johor dan Selat Singapura masing-masing dengan Malaysia dan Indonesia. Pemerintah negara republik ini digerakkan dengan seorang Pertama Menteri. Bahasa sah Singapura adalah Mandarin, Tamil, Melayu, dan Inggris, dan mata uangnya Dollar Singapura.

2. Malaysia

Malaysia terdiri dari 2 teritori, yaitu Malaysia Barat di Semenanjung Malaya dan Malaysia Timur di Pulau Kalimantan. Sebagai sebuah negara federasi parlementer, Malaysia terdiri dari 3 daerah federasi dan dan 13 negara sisi. Sultan atau Raja memerintah di setiap negara sisi, dan pemerintah Malaysia digerakkan oleh Pertama Menteri. Bahasa sah Malaysia adalah Melayu dan mata uangnya Ringgit.

3. Thailand

Bangkok, Thailand jadi saksi mata berdirinya ASEAN. Bersistem monarki konstitusional, kepala negara Thailand adalah seorang Raja dan kepala pemerintahannya ialah seorang Pertama Menteri. Thai ialah bahasa sah Thailand, dan mata uangnya Baht.

4. Indonesia

Mekanisme pemerintah negara kita ialah republik. Selainnya sebagai kepala negara, Presiden jadi kepala pemerintah. Bahasa sah nasional kita ialah Bahasa Indonesia, dan mata uang kita adalah Rupiah.

5. Filipina

Seperti Indonesia, Filipina ialah sebuah negara kepulauan dengan mekanisme pemerintah republik. Bahasa resminya ialah Bahasa Inggris dan Filipina, dengan mata uang sah Peso.

6. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam terletak di Pulau Kalimantan, bersebelahan langsung dengan Malaysia Timur. Berpedoman mekanisme monarki absolut, Brunei Darussalam mempunyai seorang Sultan sebagai kepala pemerintah. Bahasa sah nasional Brunei Darussalam ialah Melayu, dan mata uangnya Dolar Brunei.

7. Vietnam

Nama komplet negara ini ialah Republik Sosialis Vietnam. Kepala negaranya ialah Presiden, dan kepala pemerintahannya Pertama Menteri. Vietnam berbatas negara langsung dengan Tiongkok, Kamboja, dan Laos. Bahasa sah negara ini adalah Bahasa Vietnam, dengan mata uang Donk.

8. Laos

Laos berbatas negara langsung dengan Myanmar, Tiongkok, Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Pemerintah digerakkan oleh Partai Sosialis Republik dengan Presiden sebagai kepala negara dan Pertama Menteri sebagai kepala pemerintah. Lao ialah bahasa sah Laos, dan mata uangnya ialah Kip.

9. Myanmar

Nama negara ini dahulunya ialah Burma. Sekarang, Myanmar sebuah negara republik konstitusional dengan pemerintah yang digerakkan oleh Junta Militer. Bahasa resminya Burma dan mata uangnya Kyat.

10. Kamboja

Kamboja berbatas negara langsung dengan Thailand, Laos, dan Vietnam. Kamboja berpedoman mekanisme monarki konstitusional dengan Raja sebagai kepala negara dan Pertama Menteri sebagai kepala pemerintah. Bahasa resminya adalah Khmer dan mata uangnya Riil.

Baca Juga :

Tersebut semua beberapa nama negara ASEAN, Sahabat. Saat ini, Sahabat Pandai tidak cuma bisa jawab pertanyaan negara ASEAN ada berapakah atau menjawab masalah, misalkan sebut beberapa negara anggota ASEAN, tetapi juga ketahui profile negara ASEAN itu dengan lebih bagus.

Lebih baru Lebih lama