Pengertian Senam Irama Dan Manfaat Senam Ritmik

Pengertian Senam Irama Dan Manfaat Senam Ritmik

Senam sebagai salah satunya olahraga yang dapat dilakukan oleh warga beragam umur. Senam ini pada intinya sebagai olahraga yang dilakukan dengan satu koreografi atau pergerakan tubuh. Sebagian besar olahraga senam ini dilakukan iringan musik yang umum kita mengenal dengan panggilan senam ritmik.

Senam irama akan bermanfaat apabila dilakukan dengan salah satunya ciri-ciri khusus dari senam ialah pergerakan yang dilakukan secara struktural. Beberapa gerakan itu dilakukan agar dapat tingkatkan kualitas dari keadaan fisik. Walau pada umumnya semua senam berwujud koreografi, tapi sebetulnya senam ini terbagi dalam beragam tipe.

Salah satunya senam yang terpopuler di kelompok masyarakat ialah senam ritmik. Lantas, seperti apakah sich senam ritmik itu? Yok baca keterangan selengkapnya di artikel ini.

Pengertian Senam Irama Dan Manfaat Senam Ritmik

Senam ritmik disebutkan dengan senam irama dan terhitung ke cabang olahraga senam artistik. Senam ini disebutkan senam irama karena pergerakan dari senam ini dilakukan dengan iringan musik atau nyanyian. Senam ini memiliki sifat simpel, hanya karena dilakukan dengan beberapa gerakan dasar.

Baca Juga Artikel Ini :

Disamping itu senam ritmik ini memiliki sifat lamban walau disertai musik. Tidak cuma dipakai untuk mempertahankan kesehatan, senam ritmik ditandingkan di tingkat dunia, terhitung menjadi satu diantara cabang olahraga di olimpiade.

Senam ritmik ini bisa juga digabungkan dengan memakai beberapa alat, seperti bola, tongkat, tali, sampai gada. Di Indonesia, senam ritmik dilakukan dengan lagu yang mempunyai birama 4 sampai 6/8. Contoh beberapa lagu itu diantaranya Desaku dan Kelinciku.

Riwayat Senam Ritmik

Senam ritmik kekinian pertama kalinya berkembang di Benua Eropa. Awalannya senam ini cuma terkenal di kelompok club senam individu. Tetapi, dalam saat yang condong singkat, senam ritmik mulai terkenal di daerah lain seperti Amerika, Jepang, sampai Indonesia.

Ada banyak figur atau perintis yang punya pengaruh pada perubahan senam irama. Beberapa tokoh itu diantaranya Jean George Noverre, Rudolf Bode, dan Francois Delsarte. Beberapa tokoh itu yakini jika satu gestur gerak yang dilakukan dengan badan penting untuk kesehatan.

Hal tersebut yang memicu timbulnya senam irama. Selanjutnya ide itu selanjutnya diperkembangkan oleh Peter Hendrik Ling yang mencetuskan pergerakan gimnastik estetis yang disebutkan dengan Swedish Sistem. Gimnastik tipe ini menuntut beberapa olahragawan untuk lakukan pergerakan badan dengan memakai emosi dan hatinya.

Kemudian, ide itu kembali diperkembangkan dengan seorang wanita asal dari Amerika Serikat namanya Catharine Beecher di tahun 1837 di Ohio.Catharine membuat satu program dengan nama grace without dancing atau lakukan pergerakan senam simpel dengan iringan musik. Mulai sejak itu mulai ada perubahan berkenaan pergerakan gestur badan yang dilakukan dengan iringan musik.

Pada 1900, pergerakan senam itu kembali diperkembangkan oleh beberapa sekolah gimnastic dengan beragam gabungan. Kemudian nampaklah ide berkenaan gymnastic yang lebih kekinian yang dicetuskan oleh Hinrich Medau di tahun 1929 di Berlin Jerman.

Buka Juga :

Gymnastic kekinian dilakukan dengan pergerakan yang condong berlainan dari mulanya. Tapi, pergerakan dasarnya masih tetap dipertahankan. Hinrich Medau ini selanjutnya jadi perintis pergerakan senam ritmik dengan mengombinasikan dengan beberapa alat seperti tali, bola, dan pita. Pada akhirnya, senam yang dicetuskan oleh Medau ini jadi atraksi senam yang lain, Contoh pertunjukannya ialah akrobat, balet, dan tari.

Di tahun 1940, pergerakan senam ritmik atau irama ini mulai dilombakan di Rusia. Liga senam dunia (FIG) selanjutnya mulai masukkan senam irama pada salah satunya cabang dari senam. Awalannya, senam tipe ini dinamakan dengan gymnastic rhythmic. yang selanjutnya ganti jadi senam irama.

Mulai sejak itu, senam irama mulai dilombakan dengan dua nomor. Awalannya, senam ritmik yang ditandingkan di Budapest di tahun 1963 ialah nomor pribadi. Selanjutnya di tahun 1967, senam ritmik mulai ditandingkan secara group.

Selanjutnya di tahun 1984, senam ritmik kelompok pribadi masuk ke Olimpiade di Los Angeles. Dan pada kelompok group diperlombakan di Olimpiade di tahun 1996 di Atlanta.

Unsur Senam Ritmik

Pengertian Senam Irama Dan Manfaat Senam Ritmik

Senam ritmik ini membutuhkan beberapa unsur untuk dilakukan, yakni:

1. Keelokan

Keelokan sebagai unsur seni pergerakan yang diperlihatkan dalam senam ritmik. Dalam persaingan senam ritmik, keelokan menjadi satu diantara penilaian penting.

2. Kesetimbangan

Kesetimbangan ialah kekuatan seorang pesenam untuk mengontrol badan saat bergerak lakukan senam irama.

3. Keluwesan

Keluwesan ialah kekuatan seorang saat lakukan beberapa gerakan senam.

4. Kelenturan

Kelenturan memiliki arti kekuatan seorang pesenam untuk menggerakan badan secara fleksibel tanpa rasakan kesakitan. Kelenturan ini dapat dilakukan saat persendian dan otot dapat bergerak bebas untuk menunduk, meliuk, membungkuk, sampai melebarkan tubuh.

5. Keakuratan

Keakuratan ialah kekuatan untuk menyamakan di antara pergerakan badan dengan irama lagu.

6. Kontinuitas

Kontinuitas ialah serangkaian pergerakan yang dilakukan tanpa terputus-putus, hingga tiap satu pergerakan usai diteruskan dengan pergerakan yang lain.

Senam Ritmik Menggunakan Alat

Pada perubahannya, senam ritmik dilakukan dengan beberapa alat tertentu. Beberapa alat itu akan memberikan dukungan keelokan pergerakan dari senam ritmik.

Senam Ritmik dengan Bola

Senam ritmik tipe ini dilakukan dengan memakai bola sebagai pendukung. Persyaratan dari senam ritmik tipe ini ialah bola diletakkan di telapak tangan, tapi tidak dicekram dengan jemari.

Baca Juga :

Ukuran bola yang dipakai ialah seukur bola voli atau bola tangan yang dapat dipantulkan. Minimal ada empat pergerakan dasar dari senam ritmik dengan memakai bola, yaitu:

Dilambungkan

Dilambungkan ini memiliki arti bola lempar ke udara dan beragam arah dan harus diamankan di saat yang akurat.

Dipantulkan

Dipantulkan memiliki arti bola dipantulkan ke atas lantai dan diamankan di saat yang akurat.

Digelindingkan 

Digelindingkan ini memiliki arti bola digelindingkan di lantai atau di tubuh sendiri.

Diayunkan

Diayunkan dilakukan dengan bola yang selalu diletakkan di telapak tangan saat melakukan pergerakan. Bola itu jangan jatuh dan jangan dicekram.

Senam Ritmik Dengan Tali

Senam ritmik tali ini memakai alat berbentuk tali yang berwujud pita. Senam ritmik dengan tali ini dilakukan untuk latih pengenduran, pelenturan anggota badan, dan pengokohan kaki.

Tali pita yang dipakai dengan bahan nylon, serat manila, atau sutra. Panjang dari tali pita ini sekitaran 10-12 kaki. Panjang dari tali itu akan memerlukan tehnik yang betul agar hasilkan pergerakan yang cantik dan betul.

Senam Ritmik dengan Hulahoop atau Simpai

Simpai ini dijumpai sebagai hulahoop, yakni satu alat yang berwujud cincin tapi besar hingga dapat dilalui oleh badan. Simpai dalam senam ritmik ini dibuat dari fiberglass atau rotan yang nanti akan dibuat agar kelihatan lebih cantik.

Ukuran dari simpai untuk senam ritmik biasanya dengan diameter 27 inch. Dasar dari pergerakan senam ritmik dengan simpai ialah melonjak, melingkar, dan membumbung.

Kelebihan Senam Ritmik

Senam ritmik ini tentu saja mempunyai beberapa kelebihan, misalnya:

- Saat yang diperlukan sesaat, yakni sekitaran 10-15 menit.

- Pergerakan simpel.

- Alat simpatisan condong gampang dijumpai.

- Gerakkan semua badan.

- Dapat diberikan oleh siapa saja, bila tidak dipakai untuk perlombaan.

- Condong membahagiakan dilakukan untuk anak-anak

Manfaat Senam Ritmik

Pengertian Senam Irama Dan Manfaat Senam Ritmik

Senam ritmik tentu saja bermanfaat untuk kesehatan. Tidak cuma untuk fisik tapi untuk psikis juga punya pengaruh. Yaitu:

Merenggangkan dan Memperkuat Otot Badan

Saat senam ritmik dilakukan dengan teratur, lama-lama badan akan terlatih dengan lakukan pergerakan. Hasilnya ialah membuat otot badan semakin kuat serta lebih lentur. Saat otot badan semakin kuat, karena itu akan meminimalkan resiko cidera otot dan kekakuan badan.

Sehatkan Tulang

Senam ritmik bisa dibuktikan bisa sehatkan tulang. Hal tersebut dapat muncul karena saat senam ritmik dilakukan badan dituntut untuk meredam badan sendiri.

Dengan latihan yang stabil, kemampuan tulang akan tercipta, dan resiko kerusakan tulang akan turun. Disamping itu, senam ritmik dapat menghindari dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

Tingkatkan Peranan Kognitif 

Selainnya untuk fisik, peranan kognitif akan rasakan manfaat dari senam ritmik, Misalkan otak akan terasah karena olahraga senam ritmik. Dengan senam ritmik, fokus, konsentrasi, dan ingatan akan lebih tajam kembali.

Disamping itu, pergerakan senam ritmik memacu turunnya hormon kortisol yang sering memacu pemikiran jadi depresi. Senam ritmik ini malah dapat tingkatkan hormon norepinefrin yang bermanfaat sebagai antidepresan.

Turunkan Resiko Diserang Penyakit Akut

Senam ritmik yang dilakukan dengan teratur akan latih jantung dan paru-paru kita. Dengan begitu kesehatan jantung akan selalu terbangun.

Selainnya bermanfaat untuk kesehatan jantung dan paru-paru, senam ritmik menghindari dari penyakit lain seperti asma, kanker, diabetes, dan kegemukan. Tetapi tentu saja harus disertai dengan pola hidup dan konsumsi gizi yang sehat.

Tingkatkan Fokus pada Anak-anak 

Sudah diketahui, senam ritmikini dapat dilakukan oleh anak-anak. Senam ritmik yang dilakukan dengan teratur akan menolong anak untuk tingkatkan fokus saat belajar. Disamping itu, senam ritmik akan sehatkan pencernaan dan membuat tidur lebih berkualitas.

Demikian ulasan berkenaan olahraga senam ritmik. Di , mata pelajaran olahraga akan dilakukan dengan sistem yang makin menarik karena mengaplikasikan filosofi ruangan belajar sekalian praktik. Ditambahkan lagi, , sediakan beragam sarana yang komplet.

Baca Juga :

Satu diantaranya adalah ada tempat bermain dan ruangan olahraga. Bahkan juga, beberapa ada yang mempunyai akses ke lapangan bermain yang semakin besar dan kolam renang lewat kesepakatan sewa. Tertarik lebih jauh berkenaan sarana dan apa sistem edukasi yang diaplikasikan di ? Click link ini.

Lebih baru Lebih lama